DPRD Dorong Pemkab Garut Ciptakan Wirausaha Baru

DPRD Dorong Pemkab Garut Ciptakan Wirausaha Baru
Anggota DPRD Garut dari Fraksi PDI Perjuangan Yuda Pudja Turnawan. (antara)

INILAH, Garut - Anggota DPRD Garut dari Fraksi PDI Perjuangan Yuda Pudja Turnawan menyatakan siap mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, untuk menciptakan wirausaha baru bagi masyarakat sebagai upaya mengurangi angka pengangguran di daerah tersebut.

"Kami dari legislatif mendukung program pemerintah dalam penyerapan tenaga kerja melalui program berwirausaha," kata Yuda Pudja kepada wartawan di Garut, Jawa Barat, Kamis.

Ia menuturkan pengangguran dan penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Garut masih menjadi persoalan yang harus diselesaikan oleh pemerintah daerah.

Hal itu, lanjut dia, terungkap saat anggota DPRD Garut melakukan reses sebagai kegiatan untuk menyerap aspirasi masyarakat, ternyata  banyak masyarakat menyampaikan tentang lapangan pekerjaan untuk menyerap pengangguran.

"Ada persoalan yang disampaikan masyarakat, dari ibu-ibu untuk diadakan pelatihan kerja untuk mengatasi banyaknya pengangguran," katanya.

Berbagai persoalan masyarakat itu, kata Yuda, akan menjadi perhatian DPRD Garut yang selanjutnya akan disampaikan kepada eksekutif atau dinas terkait untuk melakukan upaya mengurangi pengangguran.

Selama ini, kata dia, Pemkab Garut telah mencanangkan program lima tahun ke depan untuk penyerapan tenaga kerja sebanyak 27 ribuan orang di berbagai sektor industri.

Menurut dia, program penyerapan tenaga kerja itu akan tercapai jika pemerintah daerah mampu mendatangkan investor ke Garut sehingga lapangan pekerjaan semakin terbuka. "Untuk itu kita berupaya agar pemerintah mengoptimalkan UKM dan menarik investor," katanya. (antara)