Jelang Tutup Tahun, Progres PIPPK 90 Persen

Jelang Tutup Tahun, Progres PIPPK 90 Persen

INILAH, Bandung – Wali Kota Bandung Oded M Danial menyebut persentase pencapaian Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) di tiap Kecamatan hingga November 2019 sekitar 90 persen dan berharap akan semakin besar.

“Saya melihat dari booth tiap Kecamatan, sekitar 87-90 persen. Tapi ini masih berjalan, masih ada waktu sampai Desember ini. Diharapkan lebih dari 90 persen semuanya,” kata Oded.

Namun wali kota yang karib disapa Mang Oded ini menuturukan, indikator keberhasilan PIPPK tidak hanya pada persentase tersebut. Tetapi harus memperhatikan penyerapan daya manfaat bagi masyarakatnya.

“Jadi di samping persentasenya bagus atau tinggi, harus ditingkatkan daya manfaatnya bagi masyarakat. Saya rasa setiap tahun sudah lima kali anggaran. Perbaikan-perbaikannya sudah bagus,” ucapnya.

Dengan PIPPK, dia berharap, dapat menyelesaikan masalah-masalah kewilayahan masyarakat di lingkungannya masing-masing, sehingga manfaatnya akan lebih besar dalam pengelolaanya.

“Kepala daerah lain juga banyak yang tertarik dengan konsep PIPPK ini. Banyak yang bertanya, bahkan ada yang mereplikasi di daerah lain. Persoalannya adalah kita harus terus meningkatkan pelaksanaan di lapangan,” ujar dia.

Diketahui, dalam acara Gelar Pemberdayaan Masyarakat Kota Bandung 2019, selain Pameran Sosialisasi Hasil Pembangunan dan Produk Unggulan PIPPK, diisi dengan pemberian penghargaan kinerja 10 Camat dan 10 Lurah Terbaik, Lomba Sistem Keamanan Lingkungan, Penghargaan Bulan Bakti Gotong Royong Terbaik, Penghargaan Teknologi Tepat Guna Terbaik, dan Penyerahan Smartphone Sapa Warga. (yogo triastopo)