Juventus vs Lazio, Medan Rawan!

Juventus vs Lazio, Medan Rawan!
Striker Juventus Cristiano Ronaldo. (Net)

JUVENTUS baru saja kehilangan capolista yang direbut Inter Milan. Mampukah bangkit di medan rawan?

Penyakit 'inkonsistensi' mulai hinggap di skuat besutan Maurizio Sarri. Akhir pekan lalu, mereka gagal mengalahkan tim sekelas Sassuolo. Alhasil, Inter yang pada laga lain menaklukkan SPAL akhirnya menguasai puncak klasemen sementara.

Juventus kini tertinggal satu poin dari rivalnya itu. Tetapi, selisih bisa jadi kembali melebar lantaran Si Nyonya Tua akan melakoni laga away 'mahasulit'.

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan bertandang ke markas Lazio, Stadion Olimpico, Minggu (8/12) dini hari WIB. Ini jelas lawatan berbahaya lantaran Lazio sejauh ini tampil begitu solid dan mampu bertengger di peringkat ketiga.

Maurizio Sarri pantas ketar-ketir. Lazio selalu menang dalam empat laga terakhir di semua ajang. Lebih jauh, skuat besutan Simone Inzaghi telah melalui sembilan pertandingan terakhir di liga tanpa tersentuh kekalahan.

Lini belakang Juventus yang tampil rapuh dalam beberapa laga terakhir, juga akan mendapat ujian berat dari sang bomber Lazio, Ciro Immobile. Dia sedang ganas-ganasnya dengan selalu mencetak gol atau assist dalam delapan penampilan terakhirnya.

Immobile saat ini memimpin perburuan Capocannoniere dengan torehan 17 golnya. Dia unggul tujuh gol atas Romelu Lukaku (Inter Milan) di urutan kedua. Sementara itu, pemain tertajam Juventus sejauh ini adalah Cristiano Ronaldo, yang baru punya enam gol atas namanya.

Maka, Sarri menuntut performa terbaik. Dia yakin timnya akan kembali menuai kekalahan andai mengulangi performa seperti ketika ditahan imbang Sassuolo 2-2.

“Saya langsung berbicara dengan tim cukup lama setelah pertandingan itu. Itu bukan kinerja negatif dari tim kami, tapi kami membuka terlalu banyak ruang untuk lawan, kehilangan bola dengan mudah sekali dan tidak menggunakan otak kami,” ungkap Sarri.

Ada sedikit gangguan 'non-teknis' yang dianggap menahan laju Juventus. Tak lain, adalah perselisihan Sarri dengan sang megabintang, Cristiano Ronaldo. Media-media di Italia meyakini Ronaldo mulai gerah berkarier di Turin lantaran merasa tak dihargai Sarri.

Tapi Sarri membantahnya. Dia bahkan menantikan keganasan Ronaldo yang bisa mengangkat performa La Vecchia Signora.

"Rasanya dia sudah mendapatkan kembali kekuatannya. Dia tampil lebih baik di momen-momen terakhir. Langkah selanjutnya adalah mengembalikan performa briliannya," pungkas Sarri.

Dari kubu Lazio, sang kapten Senad Lulic mengaku begitu antusias menyambut pertarungan melawan Juventus. Dia yakin, timnya bisa mempecundangi Juventus dengan dukungan publik Olimpico.

“Semua orang bisa mengalahkan dan kami sudah mengetahui bagaimana cara mengalahkan Juventus karena kami melakukannya musim lalu. Kami butuh performa sempurna, tapi itu harus dilakukan lewat kerja keras,” ujar Lulic.

“Kami sangat antusias menyambut pertandingan ini karena kami sedang berada dalam momen yang sangat bagus. Apalagi kami akan bermain di hadapan suporter kami dan saya yakin kami bisa melakukan sesuatu yang luar biasa,” imbuhnya.

Tidak ketinggalan, pemain asal Bosnia berharap para Laziale memenuhi Olimpico akhir pekan nanti. Menurutnya, penuhnya tribun suporter bisa memengaruhi performa Lazio di lapangan.

“Kami punya stadion yang besar dan saya harap tiket terjual habis untuk mendukung pemain di lapangan. Setelah itu kita bisa lihat apa yang akan terjadi,” tutup Lulic. (bsf)

 

HEAD TO HEAD
28-01-2019 Lazio 1-2 Juventus (Serie A)
25-08-2018 Juventus 2-0 Lazio (Serie A)
04-03-2018 Lazio 0-1 Juventus (Serie A)
14-10-2017 Juventus 1-2 Lazio (Serie A)
14-08-2017 Juventus 2-3 Lazio (Supercoppa).

LIMA LAGA TERAKHIR LAZIO
08-11-2019 Lazio 1-2 Celtic (UEL)
10-11-2019 Lazio 4-2 Lecce (Serie A)
24-11-2019 Sassuolo 1-2 Lazio (Serie A)
29-11-2019 Lazio 1-0 Cluj (UEL)
01-12-2019 Lazio 3-0 Udinese (Serie A).

LIMA LAGA TERAKHIR JUVENTUS
07-11-2019 Lokomotiv 1-2 Juventus (UCL)
11-11-2019 Juventus 1-0 Milan (Serie A)
23-11-2019 Atalanta 1-3 Juventus (Serie A)
27-11-2019 Juventus 1-0 Atletico (UCL)
01-12-2019 Juventus 2-2 Sassuolo (Serie A).

PRAKIRAAN PEMAIN
Lazio (3-5-2)

Strakosha (GK) Luiz Felipe, Acerbi, Radu (B) Lazzari, Milinkovic-Savic, Leiva, Alberto, Lulic (T) Correa, Immobile (D)
Pelatih: Simeone Inzaghi
Juventus (4-3-1-2)
Szczesny (GK) Cuadrado, Bonucci, de Ligt, Sandro (B) Matuidi, Pjanic, Bentancur (T) Ramsey (ss) Dybala, Ronaldo (D)
Pelatih: Maurizio Sarri