Man City vs Man United, Magnet Manchester

Man City vs Man United, Magnet Manchester
Ilustrasi/Net

DUEL Manchester City kontra Manchester United di Etihad Stadium, Minggu (8/12) dini hari WIB bak 'magnet terbesar' matchday 16 Liga Primer Inggris. Siapa berjaya?

Ini bukan duel dua pesaing di jalur juara. Man City sedang tak konsisten, sementara MU sang tetangga juga tak kunjung naik ke papan atas. Semua ini soal gengsi. Ya, sejarah perseteruan duel dua tim sekota selalu menghadirkan tensi tinggi.

Man United boleh jadi datang ke markas rivalnya dengan kepercayaan diri setinggi langit. Mereka kali ini yakin bisa mempecundangi sang juara bertahan. Mereka begitu menggebu-gebu. Dua kekalahan musim lalu, menambah tinggi motivasi sang Setan Merah.

Tidak ada laga lebih baik ketimbang derby melawan Manchester City. Saya pikir para pemain sangat bersemangat untuk itu," kata Manajer Ole Gunnar Solskjaer dilansir Manchester Evening News.

Man United menggenggam modal berharga berupa kemenangan 2-1 melawan Tottenham Hotspur yang kini dibesut 'sang mantan', Jose Mourinho. Marcus Rashford tampil on fire dengan memborong dua gol kemenangan timnya.

Terlepas dari peran besar Rashford, Solskjaer menyebut Man United telah mempertontonkan performa terbaik di sepanjang musim ini. Dia berharap, penampilan serupa kembali terulang ketika meladeni Man City.

Man United memang tampil begitu agresif dalam laga itu. Sebanyak 12 percobaan (7 on target) dilahirkan di sepanjang pertandingan. Namun, sorotan mengarah ke babak pertama di mana MU melepaskan delapan percobaan (4 on target).

"Terutama di babak pertama, mungkin permainan terbaik kami untuk waktu yang lama. Kami mendominasi permainan dan mungkin saja, seharusnya menyudahi pertandingan," lanjutnya.

Solskjaer pantas optimistis. Apalagi sang tuan rumah juga punya penyakit inkonsistensi di musim ini. Mereka tertinggal 11 poin dari sang pemuncak, Liverpool di jalur juara Liga Primer Inggris musim ini.

"Kami cuma harus pergi ke sana dan mendapatkan sebanyak mungkin poin. Saya sudah bilang sebelum pertandingan ini bahwa ini adalah sebuah kesempatan bagus bagi kami untuk memperlihatkan apa yang kami bisa lakukan," tandas Solskjaer.

Sementara itu meskipun dalam tekanan tinggi, Man City tetap menatap laga melawan Man United dengan kepercayaan diri tinggi. Mereka seolah ingin move on dari beberapa masalah yang tak kunjung usai.

Masalah pertama jelas soal inkonsistensi. The Citizens gagal bersaing dengan Liverpool yang tampil fantastis musim ini. Man City tercatat sudah tersandung dengan 2 kekalahan dan 3 hasil imbang dari 15 pertandingan yang telah mereka mainkan.

Masalah kedua soal kelengkapan skuat. Pep Guardiola begitu kehilangan tiga pilar pentingnya. Adalah Sergio Aguero (striker), Leroy Sane (winger) serta Aymeric Laporte (bek tengah) yang absen gara-gara dibekap cedera parah.

Dampak dari ketidakhadiran ketiga pemain itu begitu terasa terutama di sektor belakang. Maklum Laporte adalah bek terbaik yang dimiliki Guardiola saat ini. Eks manajer Barcelona, itu hanya memiliki opsi untuk memainkan John Stones dan Nicolas Otamendi. Sayangnya, mereka tampil maksimal dan sering melakukan blunder.

Tapi Guardiola enggan terus-terusan mengeluh. Dia yakin timnya tetap bisa kompetitif dengan skuat seadanya. Meladeni Man United, dia ingin performa seperti ketika melibas Burnley 4-1, tengah pekan lalu kembali terulang.

Gabriel Jesus mencetak dua gol, sementara dua lainnya dibagi antara Rodri dan Riyad Mahrez. Satu gol balasan tuan rumah diciptakan di penghujung laga lewat Robert Brady.

"Ini hasil yang bagus berkat performa kami, karena kami bermain sangat baik. Saya sangat puas dengan cara bermain kami, dan dengan cara kami bermain di beberapa laga terakhir," lugas Guardiola. (bsf)

HEAD TO HEAD
24/04/19: Man United 0-2 Man City
11/11/18: Man City 3-1 Man United
07/04/18: Man City 2-3 Man United
10/12/17: Man United 1-2 Man City
21/07/17: Man United 2-0 Man City

LIMA LAGA TERAKHIR MAN CITY
03/12/19: Burnley 1-4 Man City
30/11/19: Newcastle 2-2 Man City
26/11/19: Man City 1-1 Shakhtar
23/11/19: Man City 2-1 Chelsea
10/11/19: Liverpool 3-1 Man City

LIMA LAGA TERAKHIR MAN UNITED
04/12/19: Man United 2-1 Tottenham
01/12/19: Man United 2-2 Aston Villa
28/11/19: Astana 2-1 Man United
24/11/19: Sheffield 3-3 Man United
10/11/19: Man United 3-1 Brighton

PRAKIRAAN PEMAIN
Man City (4-3-3)

Ederson (GK) Mendy, Fernandinho, Stones, Walker (B) Silva, Rodrigo, Bruyne (T) Sterling, Jesus, Silva (D)
Pelatih: Pep Guardiola
Man United (4-2-3-1)
Gea (GK) Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire, Shaw (B) McTominay, Fred (cdm) James, Lingard, Rashford (T) Greenwood (D)
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer