Kerajinan Cincin Karakter Wajah dari Cirebon Diminati Luar Daerah

Kerajinan Cincin Karakter Wajah dari Cirebon Diminati Luar Daerah
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Cirebon- Kerajinan cincin karakter wajah yang dibuat oleh perajin asal Desa Pasindangan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, diminati sampai luar daerah, karena keunikan dan kelangkaannya.

"Yang memesan cincin ini dari berbagai daerah, ada dari Jakarta, Bandung, Lampung dan lainnya," kata perajin cincin karakter Imam Santoso (29) di Cirebon, Jumat (6/12/2019).

Imam mengatakan sudah lima tahun menggeluti kerajinan cincin karakter baik berbentuk wajah pemesan, tokoh bangsa maupun animasi.

Pada mulanya kata Imam, dirinya mengukir wajah biasa seperti figura dan beberapa ukiran lainnya, tapi setelah itu dia mencoba mengukir benda yang lebih kecil lagi.

"Akhirnya saya coba membuat cincin berkarakter dan hasilnya lumayan juga ada yang berminat," ujarnya.

Dia mengatakan untuk bahan baku pembuatan cincin karakter ini dari kayu segala jenis, seperti nagasari, asem, gaharu, mahoni dan lainnya.

Untuk satu pembuatan cincin karakter bisa memakan waktu hingga satu minggu. Sedangkan untuk pemesanan sendiri bisa sesuai selera masing-masing.

"Kalau disesuaikan dengan wajah pemesan pengerjaannya bisa seminggu, tapi kalau karakter biasa empat hari juga selesai," tuturnya.

Selain itu pihaknya juga kerap memanfaatkan limbah kayu sebagai bahan baku karyanya.

Dia menambahkan untuk harga satu cincin kayu berkarakter dijual dari Rp250 ribu hingga Rp500 ribu, namun itu tergantung dari bahan bakunya.

Selama ini Imam memanfaatkan media sosial sebagai lapak jualannya, melalui akun instagram @jakatawaart, dia memamerkan dan menjual karya-karyanya.