Nekat Berenang, Bocah Kelas 6 SD Ini Tenggelam di Ciliwung

Nekat Berenang, Bocah Kelas 6 SD Ini Tenggelam di Ciliwung
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Seorang bocah warga Tegal Mangga RT 06/03, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor berinisial MSF (12) tenggelam di sungai Ciliwung, Jumat (6/12/2019) siang. 

Bocah malang itu tersangkut di antara bebatuan dasar sungai dikarenakan pusaran air. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menerjunkan dua penyelam serta satu perahu karet untuk mengevakuasi jenazah. 

Teman korban, AD (12) menceritakan awal mulanya dia akan menjemput korban ke rumah untuk bermain di taman Sempur. Setibanya di taman Sempur, dirinya bersama korban serta enam teman lainnya bermain ke sungai Ciliwung.

"Kami berenang, nah sehabis berenang MSF mengajak ke kolam yang ada air terjunnya di sungai Ciliwung. Dia pengen ikut menyelam tapi ga bisa berenang. Saya dan teman lainnya udah bilang jangan, total yang main ada 11 anak," kata AD kepada wartawan di lokasi kejadian.

AD melanjutkan, korban keras kepala hingga memaksakan diri loncat ikut berenang, hal itu membuat teman-teman lainnya panik. Yang ikut berenang adalah AG, AL, PI, RE, AP serta IN.

"Saya dengan teman lainnya berusaha menolong MSF, tapi tidak ada yang sanggup," tambahnya.

Sementara, kakak korban Risma (23) mengatakan MSF dijemput  teman-temannya sehabis shalat Jumat di Bogor Baru. Saat itu, adiknya pamit akan main ke Sempur kepada nenek.

"Izinnya main aja seperti biasa, tidak bilang mau berenang tadi abis Asar. Saya tidak ada yang kenal juga, adik saya baru kelas enam SD," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPBD Kota Bogor Juniarti Estiningsih mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan pukul 14.30 WIB langsung meluncur ke tempat kejadian bocah tenggelam, kemudian tim dibagi tugas. Sebagian anggota meluncur ke kantor BPDB mengambil peralatan, sebagian anggota melihat kondisi di lapangan.

"Kami sampai saat ini masih berusaha mengevakuasi dengan dua penyelam dan satu perahu karet. Jenazah sudah ditemukan tersangkut di bebatuan dasar sungai, tadi belum bisa dievakuasi karena harus pelan-pelan. Anggota berusaha menarik tapi susah, kami terus berusaha mengevakuasi," kata Esti.

Dikonfirmasi, Lurah Tegallega Ervin Yulianto mengatakan korban merupakan warga dirinya, saya kejadian ibu korban tengah mengikuti acara kuis di salah satu stasiun televisi swasta.

"Saat diberi kabar, ibu korban posisi di tol Cibubur dan langsung meluncur ke tempat kejadian," pungkasnya. (Rizki Mauludi)