Viking Ganas Buktikan Eksistensi dan Peduli Budaya

Viking Ganas Buktikan Eksistensi dan Peduli Budaya
Foto: Dok Humas Pemkab Subang

INILAH, Subang – Dalam rangka milangkala ke-14, Viking Ganas menggelar wayang golek dengan dalang Dadan Sunandar Sunarya Putra Giriharja 3 di Alun-alun Subang, Sabtu (7/12/19). Bupati Subang Ruhimat dan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi ikut menghadiri perayaan tersebut.

Ketua Viking Ganas Fitra Memet mengatakan, Viking Ganas sebagai suporter Persib Bandung memiliki kecintaan pada seni budaya yang sudah mulai tertinggalkan, seperti wayang golek. Oleh karena itu, Viking ganas pada momen milangkala ke-14 ingin membangkitkan kembali seni tradisional wayang golek sebagai wujud suporter bola harus mencintai dan melestarikan budaya seni wayang golek.

Ruhimat menyampaikan apresiasi penyelenggaraan pagelaran seni wayang golek yang sudah sesuai dengan tema Hari Jadi Viking Ganas yaitu “Seni nu jadi jati diri”. Hal ini menjadi bentuk kepedulian nyata dalam melestarikan seni budaya khususnya wayang golek yang merupakan jati diri masyarakat Jawa Barat yang keberadaan perlu sama-sama dilestarikan,

“Saya berterima kasih kepada seluruh jajaran Viking Ganas yang berperan serta dalam melestarikan budaya seni tradisional wayang golek,” katanya.

Viking Ganas merupakan komunitas masyarakat Subang pecinta sepak bola, khususnya mendukung Persib Bandung. Komunitas ini diharapkan dapat mempersatukan masyarakat pencinta sepak bola di Kabupaten Subang, baik dalam mendukung Persib Bandung juga menjadi motivasi bagi persepakbolaan di Subang dalam meraih prestasi lebih baik di tingkat provinsi hingga nasional.

“Saya sangat berbahagia  dengan keberadaan Viking Ganas yang ternyata mendukung terhadap dunia persepakbolaan, akan tetapi memiliki pula kepedulian yang sangat luar biasa terhadap konteks sosial, seni dan budaya. Kehadiran Viking Ganas di tengah masyarakat Subang dapat bermanfaat dan pada akhirnya menjadi kebanggaan masyarakat Subang,” ujarnya.

Ruhimat dan Agus Masykur melaksanakan potong tumpeng sebagai ucapan rasa syukur atas milangkala ke-14 Viking Ganas. Potongan tumpeng kemudian diberikan kepada Ketua Viking Ganas Fitra Memet.

Selain pagelaran wayang golek, milangkala ke-14 Viking Ganas dimeriahkan berbagai acara dan kegiatan, di antaranya jaipongan, sisingaan, khitanan massal, donor darah, atraksi marching band, atraksi ular dan debus. (*)