HKN Ke-55, Generasi Sehat Indonesia Unggul

HKN Ke-55, Generasi Sehat Indonesia Unggul
Foto: INILAH/Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 di Kabupaten Bogor digelar di halaman Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (7/12/2019).   Ribuan undangan yang didominasi tenaga kesehatan, lembaga maupun organisasi profesi insan kesehatan, memenuhi lokasi acara.

Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor untuk menyemarakkan peringatan HKN ke 55.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, pada hakekatnya pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan semua komponen, baik pemerintah, swasta dan seluruh masyarakat di Kabupaten Bogor, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap warga. 

“Kita bisa mendorong terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Oleh sebab itu, prioritas utama pembangunan kesehatan dewasa ini adalah kesadaran hidup sehat, sebagai investasi penting bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif, mandiri dan unggul, baik secara sosial budaya maupun ekonomi. Selaras dengan tema HKN tahun ini, yaitu generasi sehat Indonesia unggul,” kata Iwan kepada wartawan, Sabtu (7/12/2019).

Saat ini, kata Iwan, strategi pembangunan kesehatan bertumpu pada tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional.

"Melalui program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang terintegrasi dengan Jamkesda dan beragam program kesehatan lainnya bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dan rintangannya diharapkan akan mampu menyelesaikan berbagai masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat," tambahnya.

Iwan berharap, berbagai rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ke-55 di Kabupaten Bogor bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan program-program kesehatan di Kabupaten Bogor, baik yang telah, sedang dan akan dilaksanakan oleh segenap stakeholders kesehatan untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Bogor yang sehat. 

“Sebab hanya generasi yang sehat dan produktif akan membawa keunggulan dan kemajuan bagi bangsa, sebagaimana tercermin dalam tema hari kesehatan nasional tahun 2019 ini," harap Iwan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Mike Kaltarina mengungkapkan, momen HKN tahun 2019 ini diselenggarakan mulai Oktober hingga hari ini.

"Kegiatan HKN mulai dari kampanye kegiaan kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan, seminar tumbuh kembang anak, seminar penanggulangan HIV AIDS, seminat lansia, bhakti sosial insan kesehatan, lomba kreasi seni, lomba cuci tangan,  publikasi di media massa hingga puncaknya di hari ini," ungkap Mike.

Ia melanjutkan, semua kegiatan melibatkan insan kesehatan maupiun organisasi profesinya, bisa menjadi perekat bagi kita semua insan kesehatan untuk bergandengan tangan dan berkerjasama mewujudkan Karsa Bogor Sehat.

"Melalui pelayanan terbaik para insan kesehatan bagi masyarakat ini maka mutu pelayanan di seluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Bogor akan meningkat dan bisa mewujudkan visi Karsa Bogor Sehat yang dicanangkan Bupati Bogor Ade Yasin dan Wakilnya Iwan Setiawan," lanjutnya. (Reza Zurifwan)