Tentukan Arah PDJT, Bima Akan Rembukan Dengan DPRD

Tentukan Arah PDJT, Bima Akan Rembukan Dengan DPRD

INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto akan berembuk dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor soal kelanjutan mempertahankan hingga mengembangkan Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT). 

"PDJT harus tetap ada. Setelah diperpanjang barulah kami berbicara dengan DPRD Kota Bogor. Opsinya tidak dibangkrutkan tapi diperbaiki," kata Bima, akhir pekan lalu.

Dia menegaskan, dipertahankanya PDJT ini merupakan keinginan semua pihak, termasuk DPRD Kota Bogor.

"Saya yakin, pak wakil juga menginginkan hal ini berjalan. Direktur pasti baru, karena ini kan Plt," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Bogor Rizal Utami mengingatkan Pemkot Bogor untuk tidak asal tunjuk terkait direksi PDJT.

"Kan hanya beda badan hukum, kalau Perumda boleh buat anak perusahaan. Tapi apapun bentuknya, kalau penempatan direksinya amburadul dan tak sesuai di bidang, pasti ujungnya tidak jelas seperti saat ini," terangnya.

Rizal menilai, hancurnya PDJT itu akibat dari sejak awal tidak memenuhi kriteria badan usaha transportasi serta tidak transparan. Untuk mengubah status PDJT menjadi Perumda, menurut Rizal, butuh kajian matang untuk menentukan perubahan status dan pengelolaan. 

"Saya menyarankan agar saat melakukan kajian, Pemkot melibatkan berbagai pihak seperti Kementerian Perhubungan dan perguruan tinggi serta mereka yang memang ahli di bidang transportasi. Kalau sudah dikaji, hasilnya seperti apa sosialisasikan dan jalankan. Kalau didiamkan, sama saja itu mengelola setengah hati dan mubazir biaya kajian," tegasnya. (Rizki Mauludi)