Ratusan Penderita Baru HIV/AIDS Cirebon, Rerata Homoseksual

Ratusan Penderita Baru HIV/AIDS Cirebon, Rerata Homoseksual

INILAH, Cirebon - Tahun ini, warga di Kabupaten Cirebon yang terjangkit virus HIV-AIDS mendekati angka 2.000-an. Tepatnya, ada 1.993 warga, meningkat sebanyak 181 penderita dibandingkan tahun lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni menyampaikan data tersebut kepada wartawan, usai memperingati Hari AIDS sedunia di Pemkab Cirebon, Senin (9/12/2019).

Ironisnya, kata Enny, tahun ini yang terjangkit penyakit HIV/AIDS, 70 persennya adalah huhungan sesama jenis atau kaum homoseksual. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan berbagai sosialisasi terutama ke sekolah sekolah. Masalahnya, karena yang terjangkit penyakit mematikan tersebut justru di usia produktif.

“Kami sudah lakukan sosialisasi, baik itu di sekolah-sekolah, institusi maupun di berbagai tempat hiburan malam. Kita lakukan ini secara berkala untuk menekan penyebaran HIV/AIDS,” kata Enny.

Dinkes Kabupaten Cirebon, lanjutnya, sudah membuka 49 layanan. Di antaranya, puskesmas, rumah sakit dan lapas. Yang terbaru, Dinkes bekerja sama dengan Kemenag, terkait calon pengantin. Mereka akan diperiksa terlebih dahulu, untuk melihat apakah sehat atau salah satunya terjangkit HIV/AIDS.

“Kita hanya ingin data valid karena jumlah penderita HIV/AIDS terus kami pantau. Semua orang termasuk calon pengantin, ibu hamil diperiksa supaya kita bisa bergerak cepat. Kasihan, 30 persen yang terjangkit justru ibu rumah tangga,” jelasnya. (maman suharman)