Pengidap HIV/AIDS Meningkat, Bupati Cirebon Pun Kaget

Pengidap HIV/AIDS Meningkat, Bupati Cirebon Pun Kaget

INILAH, Cirebon – Hanya dalam setahun, terjadi peningkatan pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Cirebon sebesar 10 persen. Bupati Imron Rosyadi pun kaget.

Imron Rosyadi mengaku akan meminta klarifikasi kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon. Dia akan mempertanyakan kenapa tahun ii penderita HIV/AIDS malah meningkat. Hanya, dia menilai, hal itu bisa saja terjadi karena Kabupaten Cirebon merupakan daerah perlintasan.

“Memang banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini meningkat. Nanti saya akan tanya lebih rinci lagi kepada Kadinkes. Tahun depan kita akan upayakan penyakit ini penularannya bisa ditekan sekecil mungkin,” jelasnya di Cirebon, Senin (9/12/2019).

Imron menghimbau semua pihak, supaya menjaga diri untuk tidak melakukan seks bebas dan setia kepada pasangannya. Untuk itu, pendidikan agama sejak dini wajib diterapkan supaya bisa menimalisir penyebaran penyakit HIV/AIDS.

Tahun ini, warga di Kabupaten Cirebon yang terjangkit virus HIV-AIDS mendekati angka 2.000-an. Tepatnya, ada 1.993 warga, meningkat sebanyak 181 penderita dibandingkan tahun lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni menyampaikan ironisnya tahun ini yang terjangkit penyakit HIV/AIDS, 70 persennya adalah huhungan sesama jenis atau kaum homo seksual. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan berbagai sosialisasi terutama ke sekolah sekolah. Masalahnya, karena yang terjangkit penyakit mematikan tersebut justru di usia produktif.

“Kami sudah lakukan sosialisasi, baik itu di sekolah-sekolah, institusi maupun di berbagai tempat hiburan malam. Kita lakukan ini secara berkala untuk menekan penyebaran HIV/AIDS,” kata Enny. (maman suharman)