Jalan Tuntas, Pemkab Bogor Bangun 516 Kios PKL Puncak

Jalan Tuntas, Pemkab Bogor Bangun 516 Kios PKL Puncak

INILAH, Cisarua  – Rest area pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Cisarua, Puncak, segera dibangun. Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) VI Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah membangun jalan di lokasi.

“Karena jalan di lokasi area rest area PKL Puncak sudah tuntas dibangun, maka Dinas Perdagangan dan Perindustrian akan membangun 516 kios dengan besar anggaran Rp15 miliar, sementara Direktorat Jenderal Cipta Karya di tahun 2020 mendatang akan membangun fasilitas lainnya seperti masjid, menara pandang, Gedung Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) dan lainnya,” tutur Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor, Nuradi.

Mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Bogor ini menerangkan setelah Rest Area PKL Puncak selesai dibangun, maka Pemkab Bogor kembali akan menandatangani PKS lanjutan dengam PT Perkebunan Nusantara VIII untuk pengelolaan Rest Area PKL Puncak dan bagi hasil keuntungan.

"Akhir tahun 2020 setelah Rest Area PKL Puncak terbangun kami akan menandatangani lagi PKS dengan PT Perkebunan Nusantara VIII, terkait pengelolaan dan bagi hasil keuntungan. Selain sebagai tempat berdagang, keberadaan Rest Area PKL Puncak ini juga bagian dari objek wisata baru di Kawasan Gunung Mas Puncak,” terangnya. 

Seperti diketahui, Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Cipta Karya, PT Perkebunan Nusantara VIII dan Pemkab Bogor kembali menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) penggunaan sebagian lahan Hak Guna Usaha (HGU) kebun teh di Gunung Mas untuk penataan kawasan dan pembangunan rest area pedagang kaki lima (PKL) Puncak.

"Dengan PKS antar empat instansi itu, maka pembangunan rest area PKL Puncak akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan pada tahun 2021 nanti," ujar Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin ketika ditemui wartawan di Gedung Setda Kabupaten Bogor, Senin (9/12/2019).

Mantan Asisten Pemerintahan Pemkab Bogor ini menambahkan untuk membina PKL ataupun pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), Pemkab Bogor juga akan membangun rest area di lokasi wisata lainnya.

“Lokasi wisata ini kan tersebar di seluruh wilayah, Pemkab Bogor dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian sedang membuat feasibility study (FS) untuk membangun rest area lainnya di luar Kawasan Puncak,” terangnya. (reza zurifwan)