Wagub Jabar Dukung Program Bambu Juara

Wagub Jabar Dukung Program Bambu Juara
Audiensi pengurus Hijau Lestari Indonesia terkait Program Baju Baja
INILAH, Bandung – Program Bambu Juara Bambu Jabar (Baju Baja) mendapat tempat di hati Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum. Menurut Uu, potensi bambu di Jawa Barat begitu luar biasa sehingga harus jadi kearifan lokal juara. 
 
“Potensi bambu (awi ) yang luar biasa di Jawa Barat harus menjadi kearifan Lokal Juara di daerah kita sebagai tumbuhan yang menjadi unggulan bagi desa-desa potensial yang memiliki daya tarik dan upaya dalam pengembangan desa kreatif secara maksimal,” kata Uu dalam siaran pers yang diterima INILAH.
 
Uu menyampaikan hal tersebut saat beraudiensi dengan pengurus Hijau Lestari Indonesia didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, perwakilan Dinas Pemberdayan Masyarakat & Desa serta Dinas Lingkungan Hidup Jabar.
 
Menurut Uu, budidaya, pemanfaatan dan pengelolaan bambu secara maksimal yang digagas LSM Hijau Lestari Indonesia (HLI) dan Yayasan Peduli Hijau Lestari Indonesia menjadi tolok ukur bagi generasi muda Jabar yang mampu menginspirasikan dan menggiatkan pemberdayaan masyarakat secara nyata, Lanjutnya.
 
Kepala Program Baju Baja Oki Hikmawan didampingi Ketua Dua HLI Eko Santika mengatakan, program ini menjadi bagian kepedulian terhadap lingkungan hidup secara utuh. Pemanfaatan bambu di Jawa Barat merupakan pilot project dan pengembangan pembinaan secara berkesinambungan.
 
Hasil pertemuan yang disambung Kepala Dinas Perindustrian Perdangangan Jabar Mohamad Arifin Soedjayana menyatakan siap mendukung permodalan dengan bantuan sarana usaha yang berkolaborasi dalam program OVOC (One Village One Company). 
 
Persiapan program pembangunan 100 Desa Kreatif melalui Baju Baja sudah mencapai 80 persen. Sehingga, program yang lebih mengedepankan pemberdayaan masyarakat serta memaksimalkan potensi BumDes akan cepat terealisasi secara nyata.