Pemkab Bandung Klaim Angka Pengangguran Hanya 5 Persen

Pemkab Bandung Klaim Angka Pengangguran Hanya 5 Persen
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Pemkab Bandung mengklaim jika angka pengangguran di daerahnya hanya sekitar 5%. Jumlah tersebut diyakini sebagai yang terkecil kedua di Jabar setelah Pangandaran.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, angka tersebut sudah sangat membanggakan. 

"Pangandaran yang terkecil tetapi jumlah penduduknya kurang dari 400.000 jiwa, sedangkan Kabupaten Bandung 3,7 juta jiwa," kata Dadang usai membuka bursa kerja di Dome Balerame, Soreang, Selasa (10/12/2019).

Dia menuturkan, angka itu juga berada di bawah rata-rata pengangguran Jabar dan nasional yang masih sekitar 7%. Namun, hal itu tidak membuat Pemkab Bandung berhenti untuk terus mempertemukan warga pencari kerja dengan pembuka lapangan kerja. Salah satunya yakni dengan gelaran bursa kerja yang diadakan setiap tahun.

"Tahun ini kami menggelar lima bursa kerja. Empat di kewilayahan dan sekarang terpusat di kabupaten," ujarnya.

Selain itu, Dadang melanjutkan pihaknya pun terus menggenjot investasi di wilayahnya. Dengan begitu, lapangan kerja akan terus terbuka bagi warga Kabupaten Bandung.

Menurutnya, pada 2018 lalu investasi di Kabupaten Bandung mencapai Rp16 triliun. Kondisi serupa juga diklaim terjadi sepanjang tahun ini hingga 2020 nanti.

"Dari perizinan yang diajukan cukup banyak, di antaranya investasi di Cikancung ada perluasan salah satu perusahaan yang bisa membuka sekitar 20.000 lapangan kerja. Lahannya yang disiapkan sekitar 40 hektare. Di Cicalengka juga ada perusahaan sudah membebaskan lahan 18 hektare dan diprediksi membuka 16.000 lapangan kerja," katanya. (Dani R Nugraha)