Mahasiswa ITB Menggelar Ecoweek

Mahasiswa ITB Menggelar Ecoweek
Ilustrasi (okky adiana)

INILAH, Bandung - Program Studi Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, dan Himpunan Mahasiswa Kriya ITB menyelenggarakan Ecoweek, 10-11 Desember 2019 di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Bandung. Sebuah pameran dan talkshow yang mengangkat tema tentang isu keberlanjutan dan lingkungan ini didukung pula oleh PT Asia Pacific Rayon.

Mahasiswa Program Studi Kriya Angkatan 2017, Gabriela Natasha Tridevi mengatakan, pameran Ecoweek merupakan karya-karya mahasiswa dari mata kuliah Serat Alam, Manajemen Kriya, Wirausaha Kriya, Fashion Research, dan Reka Struktur selama semester 1 tahun akademik 2019/2020.

"Mahasiswa kelas Fashion Research dan Reka Struktur Tekstil I memamerkan 40 karya, mahasiswa Serat Alam 43 karya, Manajemen dan Wirausaha Kriya 14 kelompok, mahasiswa Kriya Keramik sebanyak 5 karya, dan juga karya dari dosen sebanyak 9 orang," ucap Gabriela.

Gabriela menambahkan, semua karya yang ditampilkan mengusung satu ide utama yaitu sustainability dan meminimalisir penggunaan bahan kimiawi atau non-alamiah dalam pembuatannya.

Dalam mata kuliah Manajemen dan Wirausaha Kriya, mahasiswa bekerja sama dengan UKM-UKM di Jawa Barat untuk menciptakan suatu usaha yang berkelanjutan dan memiliki nilai jual yang kuat dalam keberjalanannya.

Isu keberlanjutan merupakan masalah yang memerlukan kerja sama dari berbagai disiplin. Oleh karena itu, selain pembicara dari FSRD sendiri, talkshow Ecoweek juga menghadirkan pembicara-pembicara dari bidang-bidang lain seperti Teknik Lingkungan, Teknik Kimia, Kimia, Teknik Material, bahkan Bisnis dan Manajemen.

Dia berharap, acara Ecoweek ini berusaha menjembatani berbagai bidang yang terkait dengan isu sustainability agar dapat terwujud dengan baik.

Talkshow Ecoweek meninjau isu keberlanjutan dari berbagai sudut pandang dan menghadirkan pembicara:

1. Dr. Ir. Retno Gumilang Dewi, M.Env.Eng.Sc. (KK Perancangan dan Pengembangan Proses Teknik Kimia, FTI, ITB)

2. Dr. Ing. Marisa Handajani, S.T., M.T. (KK Rekayasa Air dan Limbah Cair, FTSL, ITB)

3. Cherie Tan (PT Asia Pacific Rayon, Indonesia)

4. Li Wen Feng (PT Asia Pacific Rayon, Indonesia)

5. Nidiya Kusmaya, M.Ds. (Mycotech, PT Miko Bahtera Nusantara, Indonesia)

6. Ekavianty Prajatelistia, Ph.D. (KK Ilmu dan Teknik Material, FTMD, ITB)

7. Dr. Dian Widiawati, M.Sn. (KK Kriya dan Tradisi, FSRD, ITB)

8. Dr.rer.nat. Didin Mujahidin, S.Si., M.Si. (KK Kimia Organik, SITH, ITB)

9. Myra Widiono (Asosiasi WARLAMI, Indonesia)

10. Dr. Ratna Panggabean, M.Sn. (KK Kriya dan Tradisi, FSRD, ITB)

11. Melia Famiola, Ph.D. (KK Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi, SBM, ITB) serta

12. Afina Fauzia R. (Jalin Natural Goods, Indonesia)

(okky adiana)