Profil Rachmat Kaimuddin, CEO Baru Bukalapak

Profil Rachmat Kaimuddin, CEO Baru Bukalapak
istimewa

INILAH, Jakarta - Bukalapak baru saja mengumumkan bahwa mereka mengalami pergantian pimpinan efektif mulai 6 Januari 2020. CEO Achmad Zaky akan digantikan oleh Rachmat Kaimuddin.

Dalam keterangan resminya, Achmad Zaky mengatakan bahwa Bukalapak dimulai dengan semangat pribadi untuk menciptakan dampak positif bagi UMKM. Dia pun merasa bangga dalam waktu 10 tahun, Bukalapak dikenal di peta dunia sebagai e-commerce Indonesia yang terkemuka.

"Sekarang, kami mengajak Rachmat Kaimuddin untuk bergabung dengan Bukalapak karena kepemimpinannya bisa mengarahkan Bukalapak ke tingkat yang lebih hebat lagi. Saya percaya dia adalah orang yang tepat, bagian dari tim yang tepat, di posisi yang tepat, dan datang pada waktu yang tepat," kata Achmad Zaky.

Pergantian kepemimpinan merupakan strategi jangka panjang Bukalapak untuk mewujudkan misi mereka sebagai e-commerce yang berkelanjutan. Bukalapak menyebut rencana ini sudah dimulai sejak 2016, yaitu dengan menunjuk Willix Halim sebagai COO.

"Dengan segala kerendahan hati, saya merasa terharu dan bangga mendapat kepercayaan dari para Pendiri Bukalapak untuk melanjutkan peran Achmad Zaky dan menjadi bagian dari proses pertumbuhan Bukalapak ke tahap selanjutnya. Saya percaya Bukalapak adalah tempat dimana saya bisa bekerja bersama kawan-kawan saya untuk membuat perubahan positif yang berguna bagi bangsa dan negara ini," kata Rachmat Kaimuddin.

"Saya harap dapat membantu Bukalapak memberikan dampak lebih luas untuk Indonesia," imbuhnya.

Muhammad Rachmat Kaimuddin, demikian nama lengkapnya. Pria kelahiran 1979 ini memiliki latar belakang pendidikan manajemen finansial dan finansial. Dia menyelesaikan pendidikan di bidang Science and Engineering di Massachusetts Institute of Technology, AS pada 2001 dan melanjutkan master dalam bidang administrasi bisnis di Stanford Graduate School of Business pada 2006-2008.

Sebelum bergabung dengan Bukalapak, Rachmat Kaimuddin menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin sejak 2018. Dia menjadi anggota Dewan Komisaris di bank yang sama sejak 2014 hingga ditunjuk sebagai direktur.

Rachmat Kaimuddin mengawali kariernya sebagai insinyur desain untuk perangkat keras di Teradyne Inc pada 2001 hingga 2002. Dia kemudian melanjutkan perjalannya ke Boston Consulting Group kawasan Asia Tenggara sebelum berpindah karier ke Indonesia, antara lain International Finance Corporations dan PT Cardig Air Services.

Sebelum bersama Bank Bukopin, Rachmat Kaimuddin tercatat pernah bergabung dengan, antara lain, PT Semen Bosowa Maros, PT Bosowa Corporindo, dan Baring Private Equity Asia. (inilah.com)