Perbanyaklah Sujud...

Perbanyaklah Sujud...
istimewa

SEKARANG kita akan melihat beberapa amalan ringan untuk orang sibuk namum tak kalah dari sisi pahala.

Amalan #04: Shalat Berjamaah di Masjid bagi Pria

Dari Anas radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pada suatu malam mengakhirkan shalat Isya sampai tengah malam. Kemudian beliau menghadap kami setelah shalat, lalu bersabda, "Shalat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding shalat sendirian." (HR. Bukhari, no. 645 dan Muslim, no. 650)

Amalan #05: Memperbanyak Sujud (Memperbanyak Shalat Sunnah)

Madan bin Abi Thalhah Al-Yamariy, ia berkata, "Aku pernah bertemu Tsaubanbekas budak Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, lalu aku berkata padanya, Beritahukanlah padaku suatu amalan yang karenanya Allah memasukkanku ke dalam surga. Atau Madan berkata, Aku berkata pada Tsauban, Beritahukan padaku suatu amalan yang dicintai Allah. Ketika ditanya, Tsauban malah diam.

Kemudian ditanya kedua kalinya, ia pun masih diam. Sampai ketiga kalinya, Tsauban berkata, Aku pernah menanyakan hal yang ditanyakan tadi pada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Beliau bersabda,

Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu. Lalu Madan berkata, Aku pun pernah bertemu Abu Darda dan bertanya hal yang sama. Lalu sahabat Abu Darda menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsauban padaku. (HR. Muslim, no. 488)

Hadits di atas menunjukkan keutamaan (fadhilah) memperbanyak shalat khususnya shalat sunnah. Itulah maksud memperbanyak sujud. Imam Nawawi rahimahullah berkata bahwa maksud memperbanyak sujud adalah memperbanyak sujud dalam shalat. (Syarh Shahih Muslim, 4:184)

Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah. [Muhammad Abduh Tuasikal]