Memalukan...Wisatawan 'Disuguhi' Bau Sampah dan Lalat di Kopo Sayati

Memalukan...Wisatawan 'Disuguhi' Bau Sampah dan Lalat di Kopo Sayati

INILAH,Bandung – Tumpukan sampah yang sering terlihat di beberapa titik di sepanjang Jalan Raya Bandung-Soreang, tepatnya di kawasan Kopo Sayati, hingga hari ini masih menjadi permasalahan yang belum dapat dituntaskan pemerintah daerah.

Berdasarkan pantauan lapangan, tumpukan sampah di sepanjang Jalan Raya Kopo Sayati dapat dengan mudah terlihat di beberapa titik jalan tersebut. Para pengguna jalan yang melintas terpaksa menutup hidung. Tak adanya tempat pembuangan sampah (TPS) di hampir semua pemukiman warga di Kabupaten Bandung menjadi salah satu penyebabnya.

"Kebanyakan tumpukan sampah itu dibuang sama orang yang lewat. Lewat pakai mobil atau motor sambil melemparkan bungkusan sampah. Selain itu memang ada juga warga sekitar sini buang sampah di sini, karena memang nggak ada TPS. Sangat menjijikan juga sih setiap hari banyak lalat dan bau tak sedap menyengat ke mana-mana," kata Gunawan salah seorang warga sekitar, Rabu (11/12/2019).

Gunawan menyebutkan, tumpukan sampah di sepanjang jalan itu, memang selalu diangkut petugas kebersihan. Tapi alangkah baiknya, jika tepi jalan seperti itu tidak dijadikan sebagai TPS liar karena menggangu keindahan, kesehatan dan ketertiban. Apalagi jalan itu statusnya nasional yang banyak dilalui masyarakat dari berbagai daerah.

“Ibaratnya jalan nasional itu kan etalase atau pajangan daerah. Memalukan juga sih saat orang dari luar, terutama wisatawan yang datang ke Kabupaten Bandung sepanjang jalan disuguhi pemandangan tumpukan sampah yang menjijikan,” ujarnya. (rd dani r nugraha)