2020, Gedung Pusat Ekraf Kota Bogor Rampung

2020, Gedung Pusat Ekraf Kota Bogor Rampung
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Dalam waktu dekat, Gedung Pusat Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kota Bogor akan segera diresmikan. Untuk itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim bersama rombongan Tim Ekraf Jabar meninjau langsung lokasi pembangunan yang berada di atas lahan eks Bakorwil.

"Kemarin, kami melihat langsung progres pembangunan di lapangan. Asetnya milik Pemprov Jabar, pembiayaan pembangunan juga ditanggung Pemprov Jabar.Mudah-mudahan tahun depan sudah masuk tahap finalisasi, artinya pertengahan atau akhir tahun 2020 sudah selesai," kata Dedie, Rabu (11/12/2019).

Menurutnya, pembangunan fisik dikerjakan melalui dua tahapan. Tahapan pertama dikerjakan PT Luxindo Putra Mandiri. Usai konstruksi pembangunan rampung, nati segera dilakukan proses lelang untuk proses finalisasi interior termasuk penataan lanskap.

Sedangkan, mengenai pembangunan nonfisik itu dilakukan Tim Ahli Jabar Juara. Perwakilan tim Bidang Ekraf Ben Wirawan mengatakan, untuk membahas hal tersebut pihaknya berkoordinasi dengan pimpinan Kota Bogor. 

Dia menambahkan, adanya Gedung Pusat Ekraf Kota Bogor itu tidak hanya sekadar ruang pameran. Namun, ruang dimanfaatkan untuk pengembangan kemampuan para pelaku usaha agar lebih meningkat.

"Jadi, bukan ruang pameran dalam arti galeri. Konsepnya memang Ekraf ini agak berbeda dengan ruang showroom biasa, pelatihan, edukasi, dan diklat. Justru mereka belajar digital marketing di sini. Orang yang bisa menggambar mudah-mudahan menjadi pengusaha fashion, arsitek meluaskan jaringannya. Jadi, sebenarnya di sini nilai ekonomi dan kreatif yang jadi pusatnya," paparnya.

Diketahui, pembangunan Gedung Pusat Ekraf Kota Bogor tahap awal ini dikerjakan PT Luxindo Putra Mandiri dengan biaya yang bersumber dari APBD Jabar senilai Rp4,1 miliar. (Rizki Mauludi)