Pemkot Bandung Kenalkan Fotografi kepada Siswa SDN 139 Sukarasa

Pemkot Bandung Kenalkan Fotografi kepada Siswa SDN 139 Sukarasa
Humas Kota Bandung kunjungi SD 139 Sukarasa, Kota Bandung, Rabu (11/12/2019). (yogo triastopo)

INILAH, Bandung - Bagi sebagian orang khususnya anak-anak, pemanfaatan gawai lebih banyak untuk bermain game, menonton video, atau mendengarkan berbagai macam lagu.

Namun sebenarnya, gawai juga bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi fotografi. Apalagi saat ini gawai telah dilengkapi dengan teknologi yang cukup mumpuni untuk  memotret sebuah momen.

Guna menumbuhkan minat di bidang fotografi, Humas Kota Bandung menggelar “Humas Goes to School” di SD 139 Sukarasa Kota Bandung di Jalan Gegerkalong Hilir Kecamatan Sukasari, Rabu (11/12/2019).

Dalam kunjungan tersebut, fotografer Humas Kota Bandung, Rizal Fadillah Siptriandy membagikan pengalamannya selama bertugas mengabadikan momen-momen penting aktivitas pimpinan daerah Kota Bandung. Di samping itu, ia juga memberikan sedikit pengetahuan tentang teori tata cara memotret  kepada para siswa.

Untuk semakin menarik minat para siswa, Rizal pun datang lengkap dengan peralatan yang sehari-hari dibawanya. Para siswa pun diberi kesempatan untuk mencoba menggunakan kamera DSLR.

Atas kegiatan tersebut, Guru SDN 139 Sukarasa, Fauzan sangat mengapresiasinya. Apalagi para siswa-siswi terlihat sangat antusias. Terutama saat para siswa-siswi mencoba mengoprasikan kamera secara langsung.

"Sebagai guru, saya pun merasa terhormat atas kesediaan Humas Kota Bandung untuk berbagi tentang fotografi kepada anak-anak. Saya melihat anak-anak sangat antusias dan senang saat mencoba langsung mengoperasikan kamera," kata Fauzan.

Menurut Fauzan, fotografi juga bisa menggunakan gawai. Dengan mengenal fotografi, diharapkan para siswa bisa memanfaatkan gawainya untuk hal-hal yang lebih positif.

Sementara itu menurut Rizal, fotografi sudah seyogianya dikenalkan sejak dini. Apalagi banyak dari anak-anak yang sudah memegang ponsel pintar yang dilengkapi dengan fitur kamera mutakhir nan canggih.

"Foto itu bisa merekam kejadian yang ada hari ini dan menjadi jejak kenangan yang membuat kita ingat masa-masa sekarang di suatu saat nanti. Jadi kalau memotret hari ini, hasilnya disimpan dan dibuka kembali 10 atau 20 tahun mendatang akan menjadi pengingat kenangan hari ini," kata Rizal.

Dia mengaku senang dapat berbagi pengalaman dan ilmu dengan siswa-siswa SDN 139 Sukarasa. Karena, baginya dengan cara berbagi ilmu dapat menumbuhkan rasa kesenangan siswa terhadap dunia fotografi dan mengalihkan kebiasaan anak terhadap gawai.

"Alhamdulillah saya sangat senang. Dengan acara ini, saya sendiri bisa membagikan pengalaman saya. Terlebih, siswa-siswi sangat semangat dan fokus memperhatikan saat memberikan materi. Semoga ke depannya akan ada lagi sekolah yang mengajak kami untuk berbagi ilmu," ucapnya. (yogo triastopo)