Harkanas Tahun 2019, Pemkab Bandung Bagikan 7 Ton Ikan Gratis

Harkanas Tahun 2019, Pemkab Bandung Bagikan 7 Ton Ikan Gratis
Bupati Bandung Dadang M Naser peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) Ke-6 Tahun 2019. (istimewa)
Harkanas Tahun 2019, Pemkab Bandung Bagikan 7 Ton Ikan Gratis
Harkanas Tahun 2019, Pemkab Bandung Bagikan 7 Ton Ikan Gratis

INILAH, Soreang - Pada peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) Ke-6 Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung membagikan 7 ton Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa ikan kepada 6.774 kepala keluarga di 23 kecamatan. Hal tersebut diungkapkan Bupati Bandung Dadang M Naser di Pasar Ikan Modern (PIM) Soreang, Senin (9/12/2019).

Bupati mengungkapkan, peringatan Harkanas merupakan momentum yang strategis untuk mengampanyekan gerakan makan ikan bagi masyarakat. Mengingat, konsumsi ikan di Kabupaten Bandung masih rendah dibanding konsumsi ikan nasional.

“Tahun 2019 produksi ikan di Kabupaten Bandung mencapai 18.000 ton dengan konsumsi ikan per kapita sebesar 23,5 kg/tahun, atau jauh lebih rendah dibanding konsumsi ikan nasional yang mencapai 54,49 kg/kapita/tahun,” paparnya.

Dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan, pihaknya telah menetapkan beberapa kebijakan seperti Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), Safari Makan Ikan serta memfasilitasi pembangunan PIM Sabilulungan.

“Meskipun dinilai cukup berat, tapi kami yakin jika seluruh stakeholder berperan aktif dalam menyosialisasikan manfaat mengonsumsi ikan, kandungan gizi pada ikan dan diversifikasi produk olahan ikan kepada masyarakat khususnya ibu rumah tangga, angka konsumsi ikan di Kabupaten Bandung akan meningkat,” terang Dadang.

Dirinya menilai, budaya gemar makan ikan dapat melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. Maka dari itu, dirinya mengimbau kepada seluruh orang tua untuk menyediakan menu ikan guna memenuhi kebutuhan gizi buah hati.

“Pemenuhan gizi juga sangat penting pada 1.000 pertama hari kelahiran. Jika pada periode tersebut asupan gizinya kurang, maka akan menghambat perkembangan otak dan fisik anak, bahkan berpotensi stunting,” ujarnya.

Tak hanya itu, bupati juga mengapresiasi peringatan Harkanas tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dispakan (Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan). "Semoga melalui peringatan ini, konsumsi ikan di Kabupaten Bandung terus meningkat dan mendekati target konsumsi ikan nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dispakan Kabupaten Bandung Dadang Hermawan mengungkapkan, pembagian ikan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan  pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengonsumsi ikan.

“Selain memberikan PMT kepada masyarakat khususnya ibu hamil, pada kesempatan ini juga kita meluncurkan tiga unit mobil termoking. Dengan adanya mobil ini kami berharap kebutuhan ikan di setiap kecamatan di Kabupaten Bandung dapat terpenuhi,” harapnya.

Dirinya menjelaskan, sebelum menggelar peringatan Harkanas, pihaknya telah menggelar berbagai macam kegiatan seperti safari ikan dan makan ikan bersama.

“Sebenarnya Harkanas diperingati setiap tanggal 21 November, namun puncak acaranya kami laksanakan pada 9 Desember ini. Pada 21 November kemarin, kami telah melaksanakan sosialisasi sederhana sekaligus makan ikan bersama 150 murid SD Pinggirsari Kecamatan Arjasari. Alhamdulillah di tahun 2019 ini kami juga telah mengajak 3.500 murid SD untuk makan ikan bersama melalui kegiatan safari ikan,” pungkas Kadispakan. (agus sn)