Chrome Bisa Peringatkan Saat Password Dicuri

Chrome Bisa Peringatkan Saat Password Dicuri
istimewa

INILAH, San Francisco - Google meluncurkan browser Chrome versi 79 yang hadir dengan sejumlah peningkatan, salah satunya perlindungan kata sandi atau password.

Mengutip The Verge, peningkatan terbesar dari Chrome adalah peringatan jika kata sandi dicuri, sebagai bagian dari perlindungan terhadap pelanggaran data.

Sebelumnya, Google telah memperingatkan soal kata sandi dengan alat pemeriksaan kata sandi, namun kini raksasa teknologi AS itu memasukkan alat tersebut langsung ke Chrome untuk memberikan peringatan saat pengguna masuk ke situs di peramban laman tersebut.

Pengguna dapat menggunakan fungsionalitas baru tersebut di pengaturan sinkronisasi di Chrome, dan Google menggunakan salinan kata sandi yang sangat khas dan terenkripsi untuk mencocokkannya menggunakan enkripsi berlapis-lapis.

Langkah ini memungkinkan Google untuk mencocokkan kata sandi secara aman menggunakan teknik yang dinamai private set intersection with blinding.

Selain peringatan kata sandi, Google juga meningkatkan perlindungan phishing dengan opsi real-time.

Google menggunakan daftar situs phishing yang diperbarui setiap 30 menit, namun Google menemukan bahwa penjahat siber dengan cepat berpindah domain atau bersembunyi dari alat Google.

Sementara itu, perlindungan kata sandi dengan opsi real-time tersebut akan menghasilkan peringatan 30 persen lebih banyak untuk kasus phishing.

Google juga meningkatkan sejumlah dukungan untuk profil Chrome. Saat pengguna menggunakan sejumlah profil di Chrome atau berbagi PC dengan pengguna lain, Chrome kini memiliki indikator visual yang lebih baik tentang profil yang sedang digunakan, sehingga pengguna dapat memastikan kata sandi disimpan ke profil yang benar.

Semua fitur tersebut akan diluncurkan secara bertahap dalam beberapa pekan ke depan. (inilah.com)