Warga Berharap Kereta Rute Cibatu-Garut Segera Beroperasi

Warga Berharap Kereta Rute Cibatu-Garut Segera Beroperasi
Ilustrasi/ANTARA FOTO

INILAH, garut- Sejumlah warga di Kabupaten Garut, Jawa Barat, berharap kereta api rute Stasiun Cibatu-Garut segera beroperasi.

"Sudah tidak sabar ingin secepatnya ada kereta ke Garut (Garut Kota) agar mudah kalau mau ke Jawa (Jawa Tengah dan Jawa Timur)," kata Sumartini (32) warga Samarang, Garut.

Ibu rumah tangga berdarah Solo, Jawa Tengah itu menuturkan, jika ada layanan kereta api dari Garut Kota maka akan lebih mudah ketika ingin pergi ke Jawa Tengah atau ke Bandung.

Selama ini, lanjut dia, jika ingin pergi ke Jawa Tengah menggunakan kereta api harus pergi ke Stasiun Tasikmalaya atau Stasiun Cibatu yang jaraknya cukup jauh dari perkotaan Garut.

"Kalau sudah bisa berangkat dari Garut setidaknya lebih mudah, tidak harus pergi dulu ke stasiun lain," katanya.

Warga Garut lainnya, Firmansyah menambahkan sudah lama mengharapkan jalur kereta api Stasiun Cibatu-Garut kembali aktif agar banyak pilihan transportasi bagi masyarakat Garut.

Menurut dia, kereta api tersebut akan memberikan manfaat dan kemudahan bagi masyarakat Garut yang ingin pergi ke daerah Jawa maupun ke Bandung, dan Jakarta.

"Selama ini kalau mau ke Jakarta atau ke Bandung pakai bus, tapi kalau jalur rel kereta di Garut sudah aktif, nanti warga Garut bisa pakai kereta," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman, menyatakan, hasil koordinasi dengan PT Kereta Api, jalur Stasiun Garut-Cibatu akan mulai aktif melayani masyarakat pada Februari 2020.

Ia berharap program reaktivasi kereta api di Kabupaten Garut dapat segera terealisasi untuk memberikan kemudahan masyarakat bepergian ke kota besar maupun sebaliknya memudahkan warga luar kota atau wisatawan datang ke Garut.

"Memang banyak warga Garut menunggu kereta api ini, mudah-mudahan secepatnya bisa beroperasi," kata Suherman. (Antara)