Chelsea vs Barcelona, Tottenham vs Valencia di 16 Besar?

Chelsea vs Barcelona, Tottenham vs Valencia di 16 Besar?

INILAH, London - Undian 16 Besar Liga Champions akan berlangsung Jumat (13/12/2019) ini. Tapi, Chelsea sepertinya sudah menentukan lawannya. Kemungkinan, mereka bertemu Barcelona. Sebuah mimpi buruk.

Chelsea menyudahi penyisihan grup dengan kemenangan 2-1 atas Lille. Mereka meraih 11 poin. Tapi, itu hanya cukup untuk menjadi runner-up di Grup G.

Pasukan Frank Lampard itu kini harus menghadapi klub yang menjadi juara grup. Sebuah tantangan yang tak ringan bagi Chelsea.

Chelsea memiliki peluang terbesar berhadapan dengan Barcelona. Perhitungan kalkulasi menyebutkan ada 23,38 persen peluang Chelsea berhadapan dengan juara La Liga itu. Barcelona disebutkan sebagai kandidat kuat lawan Chelsea dalam pertandingan perebutan tiket ke perempat final itu.

Chelsea, sesuai aturan, takkan bisa berhadapan dengan Liverpool maupun Manchester City, yang sama-sama menjadi juara grup. Regulasi melarang klub dari satu negara saling berhadapan di babak 16 Besar.

Chelsea juga takkan bisa berhadapan dengan Valencia. Pasalnya, mereka sudah sama-sama tergabung di grup yang sama pada penyisihan grup.

Alhasil, Chelsea hanya memiliki lima klub sebagai kandidat lawannya di 16 Besar. Selain Barcelona, Chelsea kemungkinan juga bisa saja berhadapan dengan Juventus (21,67 persen), Bayern Munchen (18.9 persen), Paris St Germain (18,18 persen), atau Red Bull Salzburg (17.98 persen).

Sementara itu, Tottenham Hotspur kemungkinan bakal bertemu dengan Valencia di 16 Besar. Peluang untuk itu, menurut kalkulasi itu, mencapai 22,61 persen. Selain itu, kemungkinan lainnya adalah Tottenham berhadapan dengan Barcelona (22,00 persen), Juventus (20.72 persen), RB Salzburg (17.34 persen), atau PSG (17.33 persen).

Akan halnya juara bertahan Liverpool, besar kemungkinan bertemu dengan Atletico Madrid, yakni 22,4 persen. Tapi, pimpinan klasemen Liga Primer itu mungkin pula malah bertemu Real Madrid (21.58 persen), Borussia Dortmund (20,62 persen), Atalanta (18.44 persen), atau Lyon (16,97 persen).

Atletico Madrid juga jadi kandidat kuat lawan Manchester City di 16 Besar, yakni dengan peluang sebesar 22,4 persen. Kesempatan mereka juga bisa bertemu Real Madrid, Dortmund, atau Lyon degan angka yang sama seperti Liverpool. Tapi, pasukan Pep Guardiola itu memiliki kesempatan 18,44 persen berhadapan dengan Napoli.