Jelang Nataru, Harga Kebutuhan Pokok di Kota Bandung Masih Stabil

Jelang Nataru, Harga Kebutuhan Pokok di Kota Bandung Masih Stabil
istimewa

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyebut bahwa ketersediaan bahan pokok di Kota Bandung cenderung aman dan relatif stabil menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Hal tersebut, dikemukakan langsung Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar sesuai rapat ketersediaan pangan di Balai Kota Bandung pada Jumat (13/12/2019). 

"Umumnya relatif stabil, dan aman walaupun ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga. Kenaikan juga, tidak terlalu signifikan mulai dari Rp1000 sampai Rp3000 setiap komoditi, dan itu tidak untuk semua komoditi," kata Gin Gin. 

Menurut dia, kenaikan harga hanya terjadi di sejumlah komoditi saja. Diantaranya adalah telur ayam ras dari semula Rp24 ribu, naik menjadi sekitar Rp25 ribu untuk setiap kilogramnya. 

"Lalu ada cabai merah keriting, dan bawang merah yang mengalami kenaikan. Sementara beberapa komoditi juga mengalami penurunan seperti daging ayam ras dari Rp36 ribu menjadi Rp34 ribu sekian, lalu ada cabai rawit merah dan kentang," ucapnya. 

Kenaikan harga, disebut dia terjadi karena adanya permintaan tinggi dan itu terbilang wajar. 

"Kita akan terus memantau ketersediaan barang dan harga, dan rencananya di awal minggu ini, kita akan  melakukan sidak di sejumlah pasar bersama TPID. Kita ingin memastikan lagi soal ketersediaan, kestabilan dan keamanan pangannya," ujar dia. (Yogo Triastopo)