Ade Yasin Minta Pemprov Jabar Segera Bebaskan Lahan Jalan Tambang

Ade Yasin Minta Pemprov Jabar Segera Bebaskan Lahan Jalan Tambang

INILAH, Cibinong – Pemkab Bogor meminta Pemprov Jawa Barat segera membebaskan  lahan untuk nantinya dibangun jalan khusus tambang, baik yang dimiliki oleh masyarakat maupun Perhutani.

“Pemkab Bogor berkeinginan Pemprov Jawa Barat segera membebaskan lahan lalu di tahun selanjutnya dibangun jalan khusus tambang. Hal ini solusi dari permasalahan karena selama ini kendaraan khusus tambang selalu berbenturan dengan kepentingan masyarakat,” ucap Bupati Bogor Ade Yasin ketika ditemui di kantornya, Jumat (13/12).

Ketua DPW PPP Jawa Barat ini mengharapkan jalur jalan khusus tambang yang baru dan direncanakan oleh Dinas Bina Marga Pengairan (DBMP) Jawa Barat bisa langsung ke arah Jalan Tol JORR 3 atau Jalan Tol Balaraja, Tangerang.

“Jalan khusus tambang ini jangan lagi melewati pemukiman dan harus langsung ke jalan tol JORR 3 atau Jalan Tol Balaraja, karena selain terlibat dalam kecelakaan lalu lintas, debu dan asap dari kendaraan tambang tersebut juga berdampak negatif kepada masyarakat seperti tingginya penderita  penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)," harapnya.

Ade menjelaskan selain Pemprov Jawa Barat dan Pemprov Banten, Pemprov DKI Jakarta maupun pemerintah pusat harus urun rembuk membangun jalan khusus tambang karena lebih dari 3.000 truk yang mengangkut bahan tambang dari Bumi Tegar Beriman itu untuk pembangunan kontruksi di wilayah Jabodetabek.

"Pembangunan jalan khusus tambang ini solusi satu - satunya dampak negatif yang diakibatkan tingginya lalu lintas kendaraan truk tambang karena Pemkab Bogor belum bisa menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang jam operasionam truk tambang karena banyak warga Kabupaten Bogor yang bekerja di usaha tambang maupun usaha pendukungnya," jelas Ade.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang ditemui wartawan usai menghadiri acara Borderlone Economic Summit (BES) di Hotel Royal Tulip, Sukaraja Kabupaten Bogor menuturkan Pemprov Jawa Barat akan segera merealisasikan pembebasan lahan jalan khusus tambang sementara pembangunan jalan khusus tambangnya merupakan wewenang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PR)

"Pembebasan lahan jalan khusus tambang ini akan segera direalisasikan oleh Pemprov Jawa Barat sementara pembangunan jalan khusus tambangnya kami pun mendorong KemenPU-PR agar  segera mewujudkannya karena masyarakat yang menjadi korbannya baik itu korban sakit maupun jiwa," tutur Uu. 

Informasi yang dihimpun Inilah, jalan khusus tambang sepanjang 20,4 km masih dibuat detail engineering design (DED)-nya oleh DBMP Jawa Barat. Rencana pembangunan jalan khusus tambang yang baru ini dianggap lebih baik dari rencana sebelumnya karena dianggap lebih fleksibel walaupun biayanya lebih besar dari rencana sebelumnya. (Reza Zurifwan)