Natal Tahun Baru, Tol Cipali Buka 32 Gardu

Natal Tahun Baru, Tol Cipali Buka 32 Gardu

INILAH, Subang – PT Lintas Marga Sedaya (LMS) memprediksi saat libur Natal dan Tahun Baru 2020 nanti arus lalu lintas di ruas Tol Cikopo-Palimanan diprediksi mengalami peningkatan. Atas dasar itu, sebagai pengelola jalan Tol Cipali, PT LMS telah melakukan serangkaian persiapan cukup maksimal.

Direktur Operasi PT LMS, Agung Prasetyo menuturkan, kendati peningkatan arus lalu lintas di jalur Trans Jawa ini tidak begitu signifikan jika dibandingkan lonjakan kendaraan pada libur Lebaran, hal itu tetap harus diantisipasi. Selain 'beberes' sejumlah fasilitas di jalur bebas hambatan itu, pihaknya pun berencana membuka 22 gardu tol di Palimanan.

“Kita akan optimalkan gardu transaksi di Palimanan. Jadi, yang tadinya 12 gardu, di liburan nanti akan dioperasikan 22 gardu,” ujar Agung kepada wartawan, Jumat (13/12/2019).

Selain optimalisasi gardu transaksi, sambung Agung, pihaknya juga melakukan penambahan 15 mobile reader di GT Palimanan. Termasuk, menyiagakan masing-masing satu mobile reader di gerbang sayap Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, dan Sumberjaya. Dalam hal ini, pihaknya juga berkoordinasi dengan kepolisian dan instansi terkait lainnya untuk memastikan ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. 

Dari hasil analisa jajarannya, lalu lintas harian dari Merak menuju Palimanan, pada libur kali ini diprediksi mencapai 85 ribuan kendaraan per hari atau naik 9.6% dibanding libur Natal dan Tahun Baru pada tahun sebelumnya. Sedangkan, puncak arus lalu lintas libur Natal akan terjadi pada 21 Desember 2019. Lalu, untuk puncak arus balik diprediksi pada tanggal 1 Januari 2019. 

Dalam hal ini, Agung pun mengimbau bagi pengguna jalan tol, untuk bisa memperoleh update informasi terkini di jalan tol. Apalagi, saat ini telah tersedia berbagai informasi yang memungkinkan diperoleh melalui media sosial, maupun peralatan VMS (variable message sign) yang terpasang di gerbang sayap di lajur A dan B. (asep mulyana)