1.200 Mahasiswa IAIN Surakarta Mulai Aktifkan Rekening Saham

1.200 Mahasiswa IAIN Surakarta Mulai Aktifkan Rekening Saham
Ilustrasi (Antara)

INILAH, Solo - Sebanyak 1.200 mahasiswa dari IAIN Surakarta, Jawa Tengah, mulai mengaktifkan rekening saham menyusul sosialisasi yang terus dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam mendorong peningkatan jumlah investor.

"Sebetulnya ada sebanyak 1.400 mahasiswa IAIN Surakarta yang sudah membuka rekening saham tetapi 200 rekening saham di antaranya sudah aktif transaksi sejak beberapa waktu lalu, yaitu pada tahap satu," kata Ketua Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) IAIN Surakarta Bastian di Solo, Jumat (13/12/2019).

Selanjutnya, dikatakannya, pada pembukaan rekening saham tahap dua diikuti sebanyak 1.200 investor baru. Capaian ini membawa nama IAIN Surakarta di kancah nasional karena berhasil menjadi juara pertama pada "10 Days Challenge" yang diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia.

"Kami berhasil mengalahkan 54 universitas di seluruh Indonesia yang mengikuti tantangan mendapatkan investor dalam 10 hari," katanya. Ia mengatakan para investor ini kebanyakan merupakan mahasiswa semester satu, tiga, dan lima.

Terkait hal itu, Kepala Kantor BEI Jateng 2 M Wira Adibrata mengatakan kegiatan aktivasi rekening saham oleh 1.200 mahasiswa tersebut dilakukan bersama IndoPremier Sekuritas Solo.

"Kami menggelar trading bersama di Graha IAIN Surakarta beberapa waktu lalu. Kegiatan kami kemas dengan tema 'Be an Intellegent young Investor'," katanya.

Ia mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk mendorong keterlibatan mahasiswa agar lebih aktif menjadi investor di pasar modal.

"Jadi rekening saham yang sudah jadi tidak hanya didiamkan tetapi juga digunakan untuk membeli saham," katanya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta Rahmawan Arifin mengatakan pihak kampus terus memberikan motivasi kepada para generasi muda untuk tetap mempersiapkan masa depan, salah satu di antaranya adalah melalui investasi.

"Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya aktif dari sisi teori yang disampaikan saat perkuliahan tetapi juga langsung dipraktikkan," katanya. (antara)