BRI Jaring Startup Potensial via Innovation Lab

BRI Jaring Startup Potensial via Innovation Lab
istimewa

INILAH, Jakarta -Dalam rangka mendukung kolaborasi bisnis bersama pelaku startup, Bank Rakyat Indonesia (BRI) kembali menggelar BRI Innovation Lab Program dengan tema 'Business Collaboration In Achieve FinancialIntegration'.

Di sini, para pebisnis startup saling beradu ide untuk menggali potensi bisnis dan kerja sama yang kolaboratif dan inovatif bersama BRI dan BRI Group.

Rangkaian acara BRI Innovation Lab ini digelar pada 3-10 Desember 2019. Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari 40 pelaku startup, 10 pelaku e-commerxe partner Indonesia Mall dan 50 peserta dari internal BRI turut serta beradu ide potensi bisnis dan kerjasama yang kolaboratif dan inovatif serta elaboratif.

Ide kolaborasi bisnis ini sebagai upaya mewujudkan BRI sebagai financial integrated solution pada tahun depan.

Setelah melalui sejumlah tahapan, akhirnya terpilih 20 finalis startup dan BRI Group dengan ide dan proposal bisnis terbaik.

Untuk mengapresiasi para pencetus ide-ide bisnis yang inovatif tersebut, pada 11 Desember 2019 digelar acara puncak BRI Innovation Lab di BRI Tower 1 Jakarta, yang merupakan malam penghargaan kepada para finalis.

"Malam apresiasi ini kami persembahkan bagi para peserta ide bisnis kreatif yang akan bekerjasama menjadi rekan bisnis denganBank BRI," papar Indra Utoyo, Direktur Digital, Teknologi Informasi, dan Operasi BRI.

Pada malam apresiasi tersebut, BRI mengumumkan para pemenang beberapa kategori yang dikompetisikan. Di antaranya peraih The Best Collaboration Program of The Year, The Best Product Manager of The Year dan peraih penghargaan tertinggi, The Best Collaboration Start-Up & BRI Group.

Bagi pemenang dari kategori startup berhak mendapatkan BRI Venture Pipeline, sertifikat, uang tunai senilai Rp20 juta dan BRIZZI. Sementara dari kategori BRI Group juga berhak memperoleh penghargaan, sertifikat, BRIZZI, dan smartphone.

Rangkaian BRI Innovation Lab 2019 diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari 80 pelaku start up, dan 20 peserta dari divisi bisnis Bank BRI. Mereka turut serta beradu ide potensi bisnis dan kerja sama yang kolaboratif dan inovatif serta elaboratif. Ide kolaborasi bisnis ini sebagai upaya mewujudkan BRI sebagai financial integrated solution pada tahun mendatang.

"Kami berharap, acara ini dapat menghasilkan ide-ide baru dalam menjalin kerjasama antara BRI, BRI Group dan start up. Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan financial integrated solution dan inklusi keuangan, serta inklusi ekonomi di Indonesia," ucap Indra.

Sebelumnya, para peserta BRI Innovation Lab Program telah mengikuti serangkaian kegiatan. Di antaranya, Business Matchmaking dan Business Pitching Idea antara BRI, BRI Group dan Industri Startup dengan output berupa proposal bisnis.

Dalam program ini juga menghadirkan program Digital Talent Management untuk menghasilkan Product Manager yang bertalenta dan memiliki Digital Mindset.

Para penerima penghargaan di malam puncak BRI Innovation Lab 2019 adalah:

Best product manager of the year

A. BRIMo (Divisi RPT)
B. Brispot (Tim Brispot)
C. Brisim (Divisi ALM)

Best product manager collaboration

A. Divisi DJS bri
B. Divisi bisnis pertanian bri
C. Brilife
D. Brisyariah
E. Bri agro

Best collaboration startup

A. Kontrak hukum
B. Aruna
C. Modalku
D. Waqara
E. Infra digital nusantara (inilah.com)