Mahaka Dibagi Proyek Garuda, Erick Jalan Terus

Mahaka Dibagi Proyek Garuda, Erick Jalan Terus
Menteri BUMN Erick Thohir. (Antara Foto)

INILAH, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengklarifikasi ihwal berita terkait perusahaannya, yaitu Mahaka Media Group yang kebagian proyek (iklan) dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Erick mengatakan, proyek kerja sama tersebut telah berjalan sejak dirinya belum menjabat sebagai Menteri BUMN. Dan, hal itu yang lazim ketika sebuah perusahaan media menjalin kerja sama dengan BUMN, maupun pemerintah.

"Perusahaan media, apalagi olahraga pasti sudah berjalan, bahkan sebelum saya menjabat. Sama seperti teman-teman di sini, enggak mungkin enggak ada kerja sama dengan BUMN dan pemerintah," kata Erick di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Erick menegaskan, meskipun Mahaka menjalin kerja sama dengan pemerintah, tidak memengaruhi integritas dan tekad seorang Erick Thohir yang menjabat Menteri BUMN. "Yang baru selama tidak menyalahi peraturan ya sah-sah saja. Tapi jangan dipikir karena kasih pekerjaan di perusahaan saya, lalu ketika ada kasus yang tidak baik atau korupsi tidak akan saya copot. Ya semakin saya copot," tegasnya.

Ia mengatakan, kerja sama yang diberikan Garuda Indonesia terhadap Mahaka tidak bisa menghentikan langkahnya untuk memberantas segala pelanggaran aturan terkait penyelundupan atau pun korupsi di perusahaan BUMN itu. "Saya bukan tipe, apalagi yang nilainya cuman ratusan juta. Saya bukan takabur, buat saya pribadi Alhamdulillah selama ini sudah cukup. Jadi, misalnya teman-teman manfaatkan kedekatan pada saya itu tidak berguna," ujar Erick.

Sebelumnya, sempat tersiar kabar bahwa perusahaan Mahaka Media Group yang terdiri dari PT Mahaka Media Tbk dan PT Mahaka Radio Integra Tbk di mana Erick Thohir pernah menjabat sebagai Komisaris Utama, mendapatkan proyek (iklan) dari PT Garuda Indonesia Tbk.

Kabar itu tersebar saat keluarnya surat estimasi peluncuran produksi acara yang beredar ketika Garuda melakukan peluncuran pesawat baru yang membawa Harley dan sepeda Brompton. Dalam surat tersebut terdapat logo even organizer yang tergabung dalam Grup Mahaka.[tar]