Di Cimahi Tanggul Jebol, 3 Rumah Rusak

Di Cimahi Tanggul Jebol, 3 Rumah Rusak
Foto: Ahmad Sayuti

INILAH, Bandung - Akibat tanggul jebol, tiga rumah di Kompleks Permana Utara, RT 05/06, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi diterjang banjir setinggi lutut orang dewasa. 

Peristiwa terjadi saat hujan deras mengguyur Cimahi, Jumat (13/12/2019) sore. 

Muklas (60), jadi warga yang terdampak banjir cukup parah setelah tembok bagian belakang rumahnya jebol hingga air bercampur tanah langsung merendam tiap sudut rumahnya. 

Berdasarkan pantauan di lokasi, lubang dengan diameter sekitar 1 meter menganga di tembok pembatas rumah Muklas dengan tanah kosong di pinggir jalan. 

"Kejadian tadi pas hujan deras. Istri saya yang di rumah panik karena tembok belakang jebol, sampai banjir di rumah sekitar 1 meter," ujar Muklas saat ditemui di rumahnya.

Menurut Muklas, ia baru pertama kali mengalami kejadian nahas tersebut. Ia bersama anak dan istrinya dibantu tetangga berjibaku membersihkan seisi rumah yang terendam banjir lumpur. 

Selain Muklas, warga lain yang terdampak banjir tersebut yakni Ramdhani (25). Rumah yang dijadikan konveksi juga terendam banjir bercampur tanah. Ketinggian banjir diperkirakan mencapai 60 cm. 

"Kejadiannya cepat banget, pokoknya tadi pas hujan sedang deras. Ya langsung masuk aja airnya ke dalam rumah, jadi mesin konveksi sama bahan-bahan yang mau dijahit kotor semua, engga bisa dipakai lagi," ujar Ramdhani. 

Menurutnya, banjir terjadi selain karena tanggul jebol, juga diperparah dengan tidak adanya saluran pembuangan yang sebagai tempat air mengalir. 

Di lokasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi tengah melakukan penyedotan air dengan mesin pompa sekaligus melakukan assessment. 

"Untuk tanggul jebol itu akibat alirannya tersumbat sampah. Sekarang kita upayakan penyedotan untuk mengurangi ketinggian air. Petugas lain melakukan assessment ke rumah warga yang terdampak," ujar Sekretaris BPBD Kota Cimahi Ajat Sudrajat. (Ahmad Sayuti)