Pentingnya Gizi Saat Hamil dan Menyusui

Pentingnya Gizi Saat Hamil dan Menyusui
foto: INILAH/Rizky Mauludi

INILAH, Bogor - Puluhan ibu-ibu diberikan penyuluhan pentingnya gizi ibu selama masa kehamilan dalam kampanye langkah awal dukung generasi muda di Yogya Toserba Plaza Bogor Indah Jalan Baru, Kecamatan Tanah Sereal pada Sabtu (14/12/2019) siang.

Dalam penyuluhan yang diinisiasi SGM Bunda juga disebutkan, selain masa kehamilan, masa menyusui juga merupakan periode yang sangat penting bagi investasi kualitas kesehatan anak di masa depan.

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, Subhan Arif Rachman mengatakan, status gizi bunda selama masa kehamilan berperan penting bagi pertumbuhan janin yang sedang dikandung, karena masa kehamilan yang merupakan bagian dari periode 1.000 H

hari pertama kehidupan yang akan menentukan kualitas kesehatan 'si kecil' di masa depan. 

"Menyadari pentingnya dukungan berupa asupan gizi yang cukup bagi bunda selama proses kehamilan, SGM Bunda hadir melalui kampanye langkah awal dukung generasi maju untuk mengajak bunda menjalani kehamilan dengan sehat," ungkap Subhan kepada wartawan.

Subhan melanjutkan, pada masa kehamilan, kebutuhan nutrisi mikro ibu hamil meningkat. Jika pada masa ini bunda mengalami kondisi kekurangan nutrisi mikro, maka bisa berdampak buruk bagi janin seperti kelainan plasenta, perdarahan saat melahirkan, bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan bayi meninggal dalam kandungan. Oleh karena itu, persiapan yang baik harus dilakukan pada masa kehamilan. 

"Mulai dari persiapan fisik yang baik dan juga kecukupan nutrisi untuk mendukungnya, agar janin yang dikandung dapat tumbuh sehat dan siap menjadi anak generasi maju di masa depan," tambahnya.

Ia menambahkan, ibu adalah sumber nutrisi utama janin selama proses kehamilan, untuk itu penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan kualitas asupan makanan sehari-hari dengan menu makanan yang seimbang. Nutrisi mikro merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam jumlah kecil untuk melaksanakan fungsi-fungsi fisiologis. 

"Namun, karena dibutuhkan dalam jumlah kecil, kebanyakan Bunda hamil sering kali melewatkan kecukupan nutrisi mikro dalam menu makanan mereka," jelasnya.

Senior brand manager SGM Bunda, Renta Situmeang mengatakan, pihaknya sudah melakukan penyuluhan serupa di wilayah Jawa Barat dan yang terbaru sebelum Kota Bogor adalah Kota Bandung. Saat ini fokusnya masih wilayah Jawa Barat dan Jakarta. Dipilih Kota Bogor dikarenakan populasi ibu hamilnya cukup banyak, kenapa dipilih yang banyak ibu hamilnya?.

"Karena edukasinya tepat sasaran dan lebih masiv lagi. Dari hasil riset di Indonesia, satu dari dua ibu hamil di Indonesia mengalami anemia, kami melihat riset itu berinisiatif melakukan kampanye ini. Diundang seluruh ibu hamil yang bersedia hadir dari semua wilayah Kota Bogor," ungkap Renta.

Renta melanjutkan, memahami pentingnya dukungan nutrisi bagi kehamilan yang sehat, SGM Bunda hadir untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang lengkap dan lezat untuk bunda hamil hingga menyusui dengan formula complinutri yang mengandung nutrisi mikro penting. Nutrisi itu dibutuhkan selama periode kehamilan dan menyusui untuk bunda dan janin, seperti nutrisi mikro asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D, dan minyak ikan.

"Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung para bunda hamil di Indonesia, SGM Bunda menjalankan kampanye 'langkah awal dukung generasi maju' dalam bentuk edukasi media digital dan kegiatan acara temu bunda. Acara kami gelar dengan serangkaian kegiatan edukatif bagi para bunda, sehingga mereka memahami bahwa masa kehamilan dan menyusui merupakan periode yang sangat penting bagi investasi kualitas kesehatan si kecil di masa depan,"  tuturnya.

Masih kata Renta, dalam kegiatan ini, peserta juga dapat mengikuti berbagai acara edukasi bersama dokter spesialis kandungan dan kebidanan, prenatal couple yoga, cooking demo, serta ini hamil dapat merasakan berbagai area yang memanjakan kebutuhannya.

"Seperti area bunda sehat, area bunda santai, area bunda cerdas, area bunda jajan, dan area photo booth.

Melalui kampanye dan berbagai aktivitas edukatif yang diinisiasi oleh SGM Bunda ini, diharapkan semakin banyak bunda hamil memahami pentingnya pemenuhan nutrisi yang tepat dan persiapan fisik yang baik," pungkasnya. (Rizky Mauludi)