WD My Passport: HDD Portable Mini Performa Mumpuni

WD My Passport: HDD Portable Mini Performa Mumpuni
Ilustrasi/Net

SEKARANG ini banyak orang tidak bisa lepas dari gadget. Pertumbuhan pengguna smartphone sangat tinggi dan banyak berpengaruh terhadap pabrikan laptop. Sebelumnya pengguna komputer didominasi PC, kemudian kehadiran laptop mulai menggeser PC.

Kehadiran tablet mulai membuat pengaruh besar pada pengguna laptop, dan pengguna tablet sekarang tergusur oleh pengguna smartphone dengan layar besar (phablet).

Apa yang kita bisa baca dari urutan tersebut di atas adalah masalah portabilitas, kemudahan untuk dibawa. Ketika device banyak yang menjadi portable, orang-orang semakin rewel atau pemilih, mana yang harus di bawa senantiasa bersama mereka.

Penulis percaya, banyak orang sebenarnya bimbang, mereka ingin membawa banyak perangkat mereka agar senantiasa bisa digunakan ketika dibutuhkan, tetapi tas yang besar tentu tidak nyaman untuk digotong kemana-mana.

Penulis juga meyakini mungkin diantara pengguna gadget berharap punya kantung ajaib seperti Doraemon. Bahkan laptop yang sekarang tampak makin portable saja sering kita dengar sekarang suka hilang di dalam mobil.

Mengapa orang-orang tidak membawanya turun? Karena tetap dianggap besar dan berat.

Banyak orang sekarang yang sangat bergantung dengan dunia digital membawa banyak perlengkapan dalam tasnya, laptop, tablet, kamera, power bank, charger, kabel, dan lain sebagainya.

Semakin besar setiap gadget dan pelengkapnya semakin berat tas yang dibawa, dan ketika dikurangkan, tentu ada pilihan pengutamaan. Gadget pelengkap seperti portable hard drive (HDD) bisa jadi akan menjadi bagian yang mulai tidak dibawa.

Jadi sekarang kita mulai mengerti kenapa portable hard drive ini dibutuhkan dalam ukuran yang lebih ringan, kecil dan tipis, agar tetap menjadi pilihan untuk dibawa dan digunakan.

Infografis-Indonesia-Mobile-Consumer-Habit


Lalu mengapa portable hard drive ini menjadi penting untuk selalu dibawa? Mengacu data, menurut riset yang dilakukan Western Digital awal tahun 2019 ini ternyata lebih dari 50% pengguna gadget pernah kehilangan data penting, baik dari laptop, tablet, atau smartphonenya.

Dan hanya 17% pengguna gadget yang ternyata rutin melakukan back-up data. Saya pikir angka-angka tersebut terpengaruh juga karena cerita di atas, sarana untuk back-up seperti portable HDD tidak kita bawa, berharap kita akan mengerjakannya nanti di rumah. Setelah di rumah kita kelupaan atau malas melakukannya.

Untuk itu sebagai salah satu pemain di industri HDD yang paling lama, tentunya WD memiliki segudang pengalaman yang bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari inovasi mereka untuk menawarkan produk storage berteknologi terkini.

Lihat saja di pasaran saat ini, ada begitu banyak pilihan HDD yang ditawarkan oleh WD, mulai dari HDD internal maupun eksternal.

Pada produk HDD eksternal, WD memiliki beragam varian model HDD eksternal yang terbilang cukup komplit. Mulai dari yang dirancang untuk penyimpanan ekstra berkapasitas besar dengan adapter (WD My Book) maupun yang dirancang portabel (WD My Passport) agar bisa dibawa kemana saja.

Untuk varian WD My Passport, sang produsen ternyata terus melakukan inovasi yang tidak hanya menawarkan kapasitas yang lebih lapang, namun juga memiliki tampilan desain yang lebih mudah dibawa. Mulai penasaran dengan HDD eksternal terbaru dari WD yang satu ini? Berikut ulasan INILAHCOM hadirkan untuk Anda.

Desain

WD My Passport sepertinya dibuat dengan sebagian alasan tulisan pendahulu di atas. Dengan dimensi 107 mm dan bobot hanya 120 g portable Hard Drive ini menjadi portable HDD yang terkecil dan teringan yang penulis pernah gunakan.

Ukurannya bahkan lebih mungil dibanding powerbank 10.000 mAh, hanya jauh lebih tipis. Ketebalannya yang mirip smartphone-smartphone kebanyakan menjadi daya tarik utama, tidak sampai 1 cm.

Dengan ukuran yang kompak dan ringan ini, seharusnya portable HDD ini bisa menjadi pilihan para pengguna gadget, atau bahkan para wanita yang tasnya juga sudah penuh berbagai perlengkapan selain gadget.

Apalagi bentuk kompak ini juga didukung desain yang tidak biasa, walau hanya tampilan kulit luar, tetapi barisa buritan warnanya membuat tampil beda, menyiratkan portable HDD ini di desain dengan lebih menawan.

Terkadang menyenangkan melihat di atas permukaan meja membuat bayang-bayang menarik. Pilihan warna cerah seperti Merah dan Biru juga cocok atau senada dengan warna laptop kebanyakan.

Performa

Fungsinya sebagai perangkat keras untuk menyimpan data disempurnakan dengan software pendukung yang memudahkan pengoperasiannya.

Salah satu fitur penting di dalamnya, yaitu auto backup dengan WD Discovery. Dengan ini, ketika memindahkan banyak data seperti berkas foto, video, musik dan dokumen akan secara otomatis ter-backup.

Sehingga Anda tak perlu khawatir jika tiba-tiba datanya hilang. Anda pun bisa mengatur jadwal agar ia melakukan backup data secara sendirinya.

Ada juga kompabilitas untuk penggunaan USB 3.0 dan USB 2.0. Untuk kabel USB 3.0 sendiri, ini telah ada dalam paket penjualan.

Selain fitur backup itu sendiri, pengguna juga bisa menggunakannya bersama layanan seperti Dropbox, dan Google Drive. Nikmati juga streaming konten multimedia yang tersimpan di dalamnya dari mana saja melalui bantuan WD Drive Utilities.

Penulis sendiri menguji perangkat ini Kemampuan Read yang dihasilkan WD My Passport ini bisa dibilang cukup menjanjikan.

Akan tetapi, kami menemukan keanehan pada hasil Write-nya. Performa Write yang ditawarkan tampaknya kurang begitu memuaskan. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait performa Write-nya, bisi dilihat dalam benchmark menggunakan HD tune dan crystalmark dibawah.

Kesimpulan

WD My Passport adalah HDD eksternal yang bisa penulis simpulkan sebagai media penyimpanan yang wajib dimiliki untuk para pengguna gadget kekinian.

HDD eksternal ini sangat cocok bagi anda pekerja yang memiliki mobilitas tinggi. Para pebisnis, fotografer, atau bahkan mahasiswa, yang sangat mobile dan tidak suka ribet, butuh perangkat semacam ini. Bentuknya yang sangat mini membuatnya mudah untuk dibawa ke mana-mana dan tak memakan tempat.

Selain itu tidak hanya sempurna untuk para pelaku yang mobile sebab transfer speed yang terbilang lumayan, dan tak cuma mungil WD My passport juga punya kinerja transfer data yang baik serta banyak perlindungan yang cukup untuk data penting.

Dilengkapi dengan aplikasi pendukung berbasis cloud,WD my Passport, peranti yang bisa Anda miliki dengan harga yang ramah kantong yakni dari harga Rp1 jutaan (1-4 TB), HDD eksternal ini patut jadi pertimbangan untuk Anda beli. (Inilahcom)