Jelang Nataru, Petugas Gabungan Sidak Para Napi LP Narkotika Jelekong

Jelang Nataru, Petugas Gabungan Sidak Para Napi LP Narkotika Jelekong
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini, petugas gabungan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Khusus Narkotika Jelekong.

Kelapas Kelas IIA Khusus Narkotika Jelekong Gun Gun Gunawan melalui Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Tutut Prasetyo mengatakan, sidak dilakukan di seluruh blok hunian narapidana.

"Ini sebagai upaya pencegahan dan penindakan terehadap peredaran gelap narkotika di UPT Pemasyarakatan," kata Tutut, Minggu (14/12/2019).

Sidak ini juga dilakukan sebagai bentuk peningkatan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi perayaan Nataru. Sebagai Lapas khusus narkotika, narapidana di Lapas Kelas IIA Jelekong mempunyai kerawanan terhadap peredaran barang terlarang.

Berbagai upaya penyelundupan narkotika kerap terjadi dan dilakukan dengan pelbagai cara, sehingga untuk mencegah adanya barang terlarang razia secara mendadak sering dilakukan 

"Biasanya yang menjadi sasaran adalah seluruh blok hunian," ujarnya.

Petugas yang melakukan Sidak tidak hanya dari pengaman Lapas, namun melibatkan juga Kepolisian, TNI, dan BNN.

Dalam melakukan sidak, seluruh Narapidana diperintahkan berbaris di depan blok masing-masing, satu persatu narapidana digeledah. Sebagian petugas, melakukan penggeledahan di dalam sel tahanan untuk mencari barang terlarang.

"Ada beberapa barang terlarang yang ditemukan, tapi tidak ada narkotika," katanya. (Dani R Nugraha)