Diduga Aki Korslet, Baleno Terbakar di Depan Kantor Kecamatan Garut Kota

Diduga Aki Korslet, Baleno Terbakar di Depan Kantor Kecamatan Garut Kota
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Diduga mengalami korsleting kabel listrik pada bagian aki, sebuah kendaraan roda empat jenis sedan Suzuki Baleno hitam tahun 1997 bernopol D 1496 NK terbakar di pinggir Jalan Pramuka seberang kantor Kecamatan Garut Kota, Selasa (17/12/2019).

Pengemudi Azi (39) warga Babakan Abid RT 02 RW 01 Kelurahan Kota Wetan Garut Kota sempat terperangkap dalam kendaraan dalam upaya meloloskan diri dari api yang membakar bagian mesin kendaraan karena pintu pengemudi macet. Namun, dia berhasil keluar setelah berhasil mendobrak pintung samping kiri kendaraan tersebut.

Menurut Azi, kejadian berawal ketika dirinya berhenti dan memarkir kendaraan milik adiknya itu di pinggir Jalan Pramuka depan kantor Kecamatan Garut Kota untuk membeli air minum.

Ketika kembali masuk kendaraan dan duduk di jok balik kemudi dia bermaksud menyalakan mesin dan menginjak gas hendak menjalankan kendaraannya. Tiba-tiba, api menyala di bagian kap mesin. Dia pun sempat panik karena terjebak dalam kendaraan. Pintu kanan kendaraan tak bisa dibuka. Sedangkan api terus membesar.

“Api sangat cepat keluar dari kap depan mobil. Saya panik karena pintu samping kanan macet. Saya sempat terkunci dalam mobil dengan  api membesar. Lalu saya dobrak pintu samping kiri. Alhamdulillah saya bisa keluar dengan selamat,” ujar Azi.

Seorang anggota Babinsa Koramil 1101/Garut Kota Koptu Heri Suryana yang mengetahui kejadian tersebut dengan sigap mengamankan lokasi kejadian, dan menghubungi pihak Dinas Pemadam Kebakaran Garut yang menurunkan dua mobil pemadam kebakaran untuk menanganinya.

Dibantu warga, kobaran api berhasil dipadamkan. Beruntung, kebakaran itu tak menghanguskan seluruh bagian kendaraan.

“Menurut pengemudi, mobil ini tiba-tiba terbakar saat menginjak pedal gas. Diduga karena korsleting listrik pada kabel aki. Mobil ini juga sebelum kejadian katanya sempat masuk bengkel untuk service AC,” ujar Heri.

Belum diketahui kerugian ditimbulkan peristiwa yang menyita perhatian sejumlah pengguna jalan di kawasan Garut Kota tersebut. (Zainulmukhtar)