Hati-hati, HIV dan AIDS Mengintai Ibu Rumah Tangga

Hati-hati, HIV dan AIDS Mengintai Ibu Rumah Tangga
epala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Selain menyerang kaum muda, human immunodeficiency virus (HIV) dan acquired immune deficiency syndrome (AIDS) menyerang kelompok risiko rendah seperti ibu rumah tangga (IRT). Pasalnya, IRT mengetahui namun belum memahami mengenai bahaya HIV/AIDS. 

"Kasus HIV Aids di Kota Bandung itu mencapai 4825 kasus. Tentunya Dinkes (Dinas Kesehatan) memberikan sosialisasi kepada para ibu rumah tangga agar memahami HIV Aids," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita.

Diketahui, berdasarkan data Kementerian Kesehatan 2016, terdapat 10.626 kasus HIV yang ditemui pada IRT. 
Salah satu penyebabnya yaitu perilaku seks yang berganti-ganti pasangan sang suami. Lantaran nya dia berharap, selain Dinkes juga dinas dan badan lain juga berkoordinasi untuk menyosialisasikan HIV/AIDS kepada masyarakat.

"Mulai dari Dinsosnangkis, Satpol PP, Dispora maupun Dinas Pendidikan bisa bersinergi memberikan informasi yang lengkap," tambahnya. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota BandungYana Mulyana mengatakan kolaborasi menjadi hal utama untuk melaksanakan tugas tersebut. Dia yakin ketika Pemkot Bandung dan masyarakat bersinergi, informasi tentang HIV/AIDS akan tersampaikan dengan baik. 

"Tentunya kolaborasi dan kerja sama dengan semua pihak harus peduli. Di samping itu, komunikasi yang baik dengan penyampaian pesan yang mudah dipahami," kata Yana. (Yogo Triastopo)