Tim Baseball SMP Salman Al Farisi Raih Medali Emas 

Tim Baseball SMP Salman Al Farisi Raih Medali Emas 
istimewa

INILAH, Bandung,- Tim Baseball SMP Salman Al Farisi, Kota Bandung berhasil meraih emas dalam turnamen tingkat nasional Red Fox National Championship XVII 2019, setelah dalam final mengalahkan tim tangguh, SMP Al Azhar 13 Surabaya dengan skor tipis 8-7 di Komplek Sport  Jabar, Arcamanik, Bandung, Sabtu (21/12/2019).

 

Sukses memuncaki turnamen ini adalah yang pertama kali bagi tim SMP Salman Al Farisi, setelah pada event yang sama tahun 2018 lalu, tim besutan pelatih Ferliansyah Nugraha ini hanya  menempati juara ke-3 meraih medali perunggu.

 

Kedua tim bertemu di final setelah dalam babak penyisihan sejak 15 Desember 2019, kedua berhasil mengumpulkan point tertinggi usai mengalahkan tim-tim lainnya. Namun dalam final yang memainkan waktu full inning selama 3,5 jam.

 

Kemenangan tim SMP Salman Al Farisi merupakan hasil yang memuaskan karena berhasil menyingkirkan tim SMP Al Azhar 13 Surabaya yang sudah diunggulkan sejak awal. Tim Al Azhar 13 surabaya harus puas meraih medali perak.

 

"Sejak turnamen ini digelar, memang SMP Al Azhar 12 Surabaya telah diunggulkan karena tim mereka memang tangguh," ujarnya kepada pers usai pertandingan.

 

Dia menjelaskan, dalam turnamen yang memberlakuan setengah kompetisi ini, ada tiga tim yang memiliki nilai tertinggi, yakni SMP Salman, Al Azhar 13 dan SMP 19 Jakarta. Maka dari hasil  statistik, diberlakukan penilaian TQB, yang nilai kemenangan dari pertemuan 3 tim tersebut.  Yiatu nilai memasukan, kemasukan dan inning serta beberapa penilaian lainnya.

 

Hasil statistik penghitungan dalam pertandingan, maka tim SMP Salman Al Farisi dan Al Azhar 13 Surabaya yang berhak tampil di final. Sementara tim SMP 19 Jakarta menempati ranking ke-3 hingga berhasil merebut medali perunggu setelah mengalahkan tim SMP Labschool UPI, Bandung.

 

"Tim Salman Al Farisi memang sempat kalah dari SMP 19 Jakarta, namun dalam performa penampilan kita lebih baik, baik dalam memasukan dan kemasukan dari tim lainnya," kata Ferli lagi.

 

Dalam pertandingan final kemarin, kedua tim tampak berusaha memainkan penampilan terbaik  mereka. Duel antara pitcher (pelempar) dan batters (memukul) bola masing-masing tim berusaha  saling mematikan lawan.

 

Tampak dari permainan, kedua tim tampak imbang dalam teknik. Namun tim baseball SMP Al Farisi sebagai tuan rumah berhasil menggunguli Al Azhar 13 Surabaya.

 

"Dari 6 kali bertanding dengan 7 tim lainnya, tim Salman Al Farisi menang 5 kali dan kalah sekali. Tapi Alhamdulillah, kami berhasil juara pada final," tandasnya.

 

Dia mengaku, persiapan tim SMP Salman Al Farisi guna menghadapi turnamen ini kurang lebih 3  bulan. Namun kendala mencari latih tanding dan jadwal latihan tim kami pun hanya Sabtu dan Minggu. Selain terkadang, banyak pemain kami terkadang berhalangan hadir karena tugas sekolah.

 

Informasi lain menyebutkan, tim baseball SD Salman Kelas 5-6 dalam turnamen yang sama juga meraih medali perunggu. Sedang tim SD Salman Al Farisi Kelas 3-4 juga akan tampil di final,  Minggu (22/12/2019).Turnamen ini disponsori Bank bjb.