Perumnas Kembali Gelar Pengobatan Gratis untuk 400 Warga

Perumnas Kembali Gelar Pengobatan Gratis untuk 400 Warga
Foto: Istimewa
Perumnas Kembali Gelar Pengobatan Gratis untuk 400 Warga

INILAH, Bandung – Perum Perumnas menggelar pengobatan gratis secara serentak kepada sekitar 400 warga di empat lokasi perumahan Perum Perumnas. Keempat lokasi tersbeut berada di Perum Perumnas Banyumanik Semarang, Perum Perumnas Krapyak Semarang, Perum Perumnas Gunung Rinjani Cirebon, dan Perum Perumnas Bumi Parahyangan Kencana, Soreang, Kabupaten Bandung.

Setelah 2017 dan 2018, Perum Perumnas sebagai BUMN yang bergerak di bidang penyediaan hunian di Indonesia, memberikan layanan Perum Perumnas Peduli di bidang kesehatan dengan tajuk Visiting Clinic Perum Perumnas. Program ini memberikan layanan pemeriksaan kesehatan secara Cuma-cuma kepada lebih dari 400 warga masyarakat penghuni 4 perumahan milik Perum Perumnas tersebut dan warga masyarakat yang tinggal di sekitar perumahan.

Manager Departemen Unit Khusus PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) Perum Perumnas Rini Isrofiyah mengatakan, kegiatan Visiting Clinic Perum Perumnas ini merupakan bentuk kepedulian Perumnas dan menjalankan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan Perumnas.

“Kegiayan ini dikelola atas kesetiaan selama ini dalam mendukung menciptakan lingkungan perumahan yang asri, aman, dan nyaman. Selain itu program ini juga sebagai edukasi kepada warga untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan agar tercipta kondisi yang diharapkan seluruh warga masyarakat penghuni perumahan,” kata Rini dalam rilis yang diterima INILAH, Kamis (26/12/2019).

Menurut Rini, program layanan kesehatan gratis ini meliputi beberapa kegiatan, seperti edukasi tentang pola hidup bersih dan sehat, senam sehat, pemeriksaan tensi, pemeriksaan metabolik meliputi kolesterol, asam urat, gula darah, serta konsultasi dokter. Juga pemberian obat yang diperlukan.

“Harapan kami sebagai pengelola perumahan, warga kami dapat terkontrol kesehatannya sejak dini, sehingga jika diperlukan tindakan lebih lanjut untuk dapat dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat. Dengan adanya edukasi tentang pola hidup bersih dan sehat, kami berharap masyarakat dapat menjaga sejak dini kondisi kesehatan diri, keluarga dan lingkungannya sehingga masyarakat dapat beraktifitas dengan baik,” kata Rini. 

Rini menyatakan program ini akan dikembangkan ke daerah perumahan lainnya dengan pola yang lebih baik dan jangkauan penerima manfaat lebih banyak lagi. Tujuannya tercipta hubungan berkelanjutan antara Perum Perumnas sebagai pengembang perumahan dengan masyarakat penghuni perumahan Perumnas.

“Juga calon penghuni perumahan Perum Perumnas nanti di unit-unit perumahan yang akan terus kami kembangkan di berbagai daerah untuk mencapai target unit hunian  yang telah kami canangkan secara nasional,” tutupnya. (*)