Aa Umbara Perintahkan Segera Bangun Tanggul Jebol

Aa Umbara Perintahkan Segera Bangun Tanggul Jebol

INILAH, Ngamprah- Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, memerintahkan BPBD dan dinas teknis membuat tanggul sementara menggantikan tanggul yang jebol di Perumahan Cimareme Indah.

Seperti diketahui tanggul di Perumahan Cimareme Indah, Blok D RT 04/03, Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) jebol akibat tingginya debit air, Selasa (31/12/3019) sore. Akibatnya, sekitar 150 rumah terdampak banjir setinggi 1 sampai 1,5 meter.

"Saya sudah perintahkan BPBD membuat tanggul sementara, yang penting kalau hujan air tidak langsung meluber ke jalan dan rumah warga," katanya saat ditemui di Perumahan Cimareme Indah, Rabu (1/1/2020).

Menurutnya, banjir yang menerjang Perumahan Cimareme Indah, murni disebabkan oleh jebolnya tanggul irigasi ditambah derasnya debir air. Aa pun mengaku ini merupakan banjir perdana di KBB, lantaram sepengetahuannya ini bukanlah kawasan langganan banjir.

"Selama saya tinggal di Bandung Barat, belum pernah sekalipun banjir seperti ini. Saya juga tidak tahu tanggulnya dibangun Dinas PUPR atau developer, jadi kualitasnya saya enggak paham," ujarnya.

Orang nomor satu di KBB tersebut langsung terjen ke lokasi banjir untuk mengetahui kondisi warganya yang terdampak banjir. Bahkan bantuan logistik pun segera akan dikirim seperti makanan, pakaian, selimut, dan obat-obatan untuk warga yang mengungsi.

Aa pun meminta agar semua warga untuk sementara tinggal di pengungsian sambil menunggu bantuan dan pendataan yang dilakukan oleh aparat kewilayahan. (ahmad sayuti)