KKP Tangkap Tiga Kapal Asing Asal Vietnam di Perairan Natuna

KKP Tangkap Tiga Kapal Asing Asal Vietnam di Perairan Natuna

INILAH, Bandung - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap tiga kapal asing asal Vietnam di perainan Natuna Kepulauan Riau yang melakukan pencurian ikan. Ketiga kapal tersebut dibawa ke Pontianak, Kalimantan Barat.

"Ada kapal asing di Natuna melakukan gerakan. Begitu saya dapat laporan masyarakat, kami langsung kirim orang dan sudah menangkap tiga kapal Vietnam. Sekarang kapalnya sudah on the way ke Pontianak," kata Menteri KKP Edhy Prabowo di sela kunjungan ke tempat pembudidayaan ikan lele di Kabupaten Bandung, Kamis (2/1/2020).

Menurutnya, saat penangkapan terjadi perlawanan sengit dari para komplotan pencuri ikan warga negara asing itu. Dua kapal milik petugas diakuinya mengalami kerusakan karena ditabrak, lambung, dan mesin kapal rusak. Sedangkan, dua orang awak kapal dari Vietnam tertembak di bagian pipi dan kaki dan dirawat di rumah sakit Pontianak. 

"Saya akan kesana Senin menjemput anak-anak disana. Terjadi perlawanan sengit kapal kita dua mengalami kerusakan ditabrak dan lambung kapal dan mesin kapal rusak, makanya jalannya pelan," ujarnya. 

Edhy melanjutkan, berdasarkan informasi dilapangan kru kapal asing Vietnam tersebut berjumlah 36 orang. Selain itu, kapal asing dari Cina yang ada di Natuna pihaknya melakukan penjagaaan.

"Kita ketemu sama yang melaporkan kepada kami. Sejak saya dilantik sudah ada enam kapal yang kami tangkap," ujarnya. 

Terkait rencana penenggelaman kapal asing, ia menyerahkan kewenangan tersebut kepada pengadilan. Namun, lebih baik menurutnya kapal diserahkan ke masyarakat, lembaga pendidikan atau kementerian yang membutuhkan.

"Bagus ke tempat pelatihan nelayan supaya nelayan ada alat praktik. Kalau dia lari baru kita tenggelamkan," katanya. (Dani R Nugraha)