Posisi Unik, Awai Titip Pesan untuk Kiper Masa Depan Persib

Posisi Unik, Awai Titip Pesan untuk Kiper Masa Depan Persib
Anwar Sanusi
INILAH, Bandung - Pelatih kiper Persib Anwar Sanusi menyebut posisi penjawaga gawang dalam tim sepak bola begitu unik. Dia menjelaskan alasannya.
 
Anwar Sanusi adalah salah satu kiper andalan Maung Bandung saat merengkuh gelar juara Liga Indonesia 1 musim 1994/1995. Dia menceritakan tidak mudah menduduki posisi itu.
 
Menurutnya, butuh proses panjang dan berliku untuk dapat meraih pencapaian tersebut. Bahkan, nyaris lebih dari 6 tahun Awai harus rela sering duduk di bangku cadangan. 
 
"Sejak tahun 1989 saya sebetulnya kiper ketiga PERSIB. Nah, perjalanan dari 89 sampai 94 itu ada pasang surut. Kadang jadi pemain inti, tapi tidak lama karena saat itu harus bersaing dengan Kang Sobur dan Kang Samai Setiadi," kata Awai dilansir laman resmi Persib. 
 
Hingga pada akhirnya, Awai bisa mendapatkan kepercayaan menempati posisi kiper inti. "Sampai akhirnya saya benar-benar bisa menikmati posisi utama tahun 1994, yang langsung Persib jadi juara. Kesabaran berbuah manis," lanjutnya. 
 
Awai pun berpesan khususnya untuk kiper-kiper masa depan Persb seperti Deden Natis dan Aqil Saviq agar bisa menikmati setiap proses yang dijalaninya. Karena menurutnya, posisi penjaga gawang itu unik.
 
"Kiper itu memang posisi yang unik. Cukup sulit merotasi kiper tanpa alasan yang kuat, misalnya cedera atau dipanggil tim nasional. Jalani setiap momen, harus punya prinsip dan mental kuat," pungkasnya.