Alhamdulillah, Kota Bandung Akan Miliki BPBD

Alhamdulillah, Kota Bandung Akan Miliki BPBD
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Humas Pemkot Bandung)

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota Bandung akan memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Rencana tersebut, saat ini tengah dalam tahap pembahasan dan diharapkan terwujud dalam waktu dekat. 

"Pak wali sudah menginstruksikan bahwa BPBD harus dinas tersendiri, karena kan sekarang masih nebeng di Diskar PB. Ini sudah masuk pembahasan di Orpad," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana pada Kamis (9/1/2020). 

Rencana tersebut, dituturkan dia tak lepas dari keinginan Kota Bandung untuk lebih fokus terhadap kebencanaan. Selain potensi banjir, kota berjuluk Paris van Java ini memiliki ancaman bencana besar yakni gempa sesar Lembang. 

"Mungkin dulu dianggap tidak rawan bencana, makanya tidak butuh dinas tersendiri. Tapi kan ada potensi banjir, sesar Lembang dan lain-lain, dan itu ternyata dibutuhkan dinas tersendiri untuk penanganan bencana," ucapnya. 

Di luar itu, Yana menambahkan bahwa rawan bencana berada kawasan Bandung Timur. Dia pun mengimbau khususnya kepada warga masyarakat yang berada di daerah tersebut agar selalu waspada akan bencana banjir. 

"Tetapi ada intruksi pak wali kepada semua dinas dan kewilayahan untuk siap mengantisipasi. Untuk di wilayah timur, mudah-mudahan tidak terjadi bencana. Sudah ada kolam retensi, juga mengangkat sedimen-sedimen untuk mengurangi resiko," ujar dia. (yogo triastopo)