KPU Kabupaten Bandung Buka Pendaftaran Jalur Independen

KPU Kabupaten Bandung Buka Pendaftaran Jalur Independen
Ilustrasi (net)

INILAH, Bandung - Proses tahapan pemilu di Kabupaten Bandung terus bergulir. KPU Kabupaten Bandung akan membuka pendaftaran calon bupati perorangan. Pembukaan untuk calon perseorangan ini akan dimulai pada 19 Januari mendatang.

"Untuk calon independen nanti penyerahan berkasnya pada 19 Januari - 23 Februari," kata Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya melalui sambungan telepon, Selasa (7/1/2020).

Menurut Agus, persyaratan yang harus disiapkan calon untuk perseorangan untuk bisa maju menjadi kandidat calon bupati Bandung, yakni berupa fotokopi KTP sebanyak 153.443 atau 6,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Jadi yang harus dipersiapkan adalah data dukungan berupa KTP dan pernyataan dari pendukung. Fotokopi KTP jumlahnya 153.443 atau 6,5 persen dari DPT. Itu harus di-input di Sistem Informasi Pencalonan (Silon)," ujarnya.

Dikatakan Agus, nanti yang meng-input ke Silon itu merupakan tim sukses calon bupati perseorangan tersebut. "Mulai kemarin kami sudah membuat surat terbuka kepada warga yang berminat jadi pasangan calon dari perseorangan untuk hadir di KPU. Pengumuman jauh-jauh hari sudah dan kita undang terbuka di koran agar tim suksesnya merapat ke KPU karena banyak hal yang harus dijelaskan secara teknis," katanya.

Menurut Agus sampai dengan hari ini belum ada yang merapat dari tim sukses pasangan calon dari calon perseorangan. (rd dani r nugraha)