Bandung Akan Kembangkan Kota Wisata Hingga 2023

Bandung Akan Kembangkan Kota Wisata Hingga 2023
Ilustrasi/ANTARA FOTO

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menambah kampung wisata di 2020. Sebelumnya Kota Bandung sudah memiliki prototype yakni Kampung Braga dan Kampung Cigadung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, penambahan kampung wisata di kota berjuluk Paris Van Java tak lepas dari target yang diusung Kota Bandung di tahun ini.

"Pengembangan daya tarik wisata di 2020 ada di angka 24 persen, salah satunya dengan mengembangkan kampung wisata. Tetapi target kita di 2023 sebenarnya ada delapan kampung wisata yang layak dikunjungi di enam wilayah," kata Kenny pada Jumat (10/1/2020).

Di tahun ini, Pemkot Bandung, dituturkan dia akan meningkatkan kampung wisata di enam kecamatan. Diantaranya adalah Kecamatan Cidadap, Coblong, Cibeunying Kaler, Cibeunying Kidul, Bandung Wetan dan Sumur Bandung.

"Tetapi kita akan berfokus dahulu di kawasan Cibeunying karena disana ada Braga. Kita berharap di 2020 akses tidak macet, lalu berharap Bandara Husen bisa tetap beroperasi dan meningkatnya pelayanan hotel untuk menjadikan Bandung kota layak kunjung," ucapnya.

Membangun pariwisata di Kota Bandung, ditambahkan dia, diperlukan partisipasi warga masyarakat. Karena dia menilai, Kota Paris van Java harus bersiap diri untuk menjadi sebuah kota destinasi berstandar internasional.

"Kalau Kota Bandung punya komitmen sebetulnya bisa. Tinggal sinergitas dan kekompakan yang ditingkatkan. Makanya harus ada kolaborasi dan didukung oleh semua elemen yang ada. Karena tidak bisa dilakukan oleh satu pihak," ujar dia. (yogo triastopo)