Omset PKL Cicadas Menurun, Yana Bantah Lantaran Penataan

Omset PKL Cicadas Menurun, Yana Bantah Lantaran Penataan
istimewa

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menanggapi soal keluhan pedagang kaki lima (PKL) Cicadas yang pendapatannya diklaim alami penurunan pasca penataan.

Kata dia, penurunan omset PKL Cicadas bukan lantaran ketiadaan Kanopi di setiap lapak pedagang. Melainkan karena kondisi ekonomi yang menyebabkan turunnya daya beli masyarakat.

"Bukan karena Kanopi. Kalau omset, sekarang usaha memang sedang mengalami penurunan. Jadi jangan karena tiba-tiba ini (penataan). Tapi karena memang daya beli," kata Yana di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Sabtu (11/1/2020).

Menurut dia, setiap lapak pedagang memang sebaiknya tidak dipasangi Kanopi. Lalu sebut dia, apa bedanya apabila di lapak baru sekarang ini kembali dipasangi Kanopi.

Sambung dia, rangka atau atap yang biasa dipasang di beranda depan bangunan ini hanya akan memberikan kesan sumpek. Maka baiknya, Kanopi tidak perlu dipasang.

"Saya harap semua mau mengikuti aturan. Yah namanya PKL pasti kena air hujan, dan panas. Sementara saya minta jangan dipasang (Kanopi), karena prinsipnya kan ingin lebih baik, ingin tertata. Jadi jangan karena penataan, semua disalahkan," ucapnya.

Sebelumnya, PKL Cicadas mengeluhkan soal adanya penurunan omset pasca penataan yang dilakukan  Pemkot Bandung sejak Agustus 2019. Mereka mengklaim alami penyusutan omset hingga 50 persen. (yogo triastopo)