Bima Minta DLH Fokus Tangani Sampah Pusat Kota

Bima Minta DLH Fokus Tangani Sampah Pusat Kota
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor untuk fokus membersihkan sampah pusat kota. Khususnya jalan Suryakencana dan Pasar Bogor. Selain itu, dia pun beberapa titik kawasan pusat kota dijadikan pilot project untuk pengelolaan sampah yang modern.

"Meski belum ada kadis definitif, saya minta agar DLH sesuai evaluasi total sistem terkait persampahan, terutama di pusat kota. Jadi sistem pengangkutan sampah kita benahi. Muali dari sisi armada, personel, strategi penyelesaian persoalan, dan lain-lain," kata Bima, Minggu (12/1/2020).

Dia menginstruksikan, di beberapa titik kawasan dijadikan pilot project untuk pengelolaan sampah yang modern. Terutama, di pusat kota seperti di Pasar Bogor dan Suryakencana.

Sementara itu, Plt Kepala DLH Kota Bogor Dody Ahdiat mengatakan pihaknya siap menangani pengelolaan sampah. Secara umum, saat ini total volume sampah yang terangkut menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga sebanyak 492 ton per hari. 

"Dengan pengelolaan sampah berbasis masyarakat pihaknya memiliki TPS3R 26 unit dan 324 unit bank sampah yang tersebar di enam Kecamatan," sebutnya. (Rizki Mauludi)