Zinedine Zidane, King of Finals

Zinedine Zidane, King of Finals

INILAH, Riyadh - Zinedine Zidane itu spesialis final. Tak ada pelatih yang tahu persis bagaimana memenangkan laga final melebihi Zidane. Sembilan kali Real Madrid ke final di bawah asuhannya, semua dimenangkan.

Zinedine Zidane memenangkan 10 trofi untuk Real Madrid. Teranyar, mereka memenangkan final Piala Super Spanyol, mengalahkan Atletico Madrid pada laga final di Arab Saudi. Dari 10 trofi tersebut, hanya gelar juara La Liga 2016/2017 yang dia menangkan tanpa melalui laga final.

Final pertamanya sebagai pelatih Los Blancos terjadi pada ajang Liga Champions 2016. Saat itu, Real Madrid mengalahkan Atletico Madrid, juga melalui drama adu penalti di Milan.

Beberapa bulan kemudian, Real Madrid mengalahkan Sevilla 3-2 untuk merebut Piala Super Eropa. Tak lama berselang, gelar juara Piala Dunia Antarklub yang dipersembahkan Zidane, kali ini dengan mengalahkan klub Jepang, Kashima Antlers di final.

Zidane kemudian memenangkan gelar juara La Liga 2016/2017. Kali ini tanpa final. Tapi, dia kemudian kembali meraih gelar juara Liga Champions di Cardiff. Real Madrid dengan perkasa menggasak Juventus 4-1.

Manchester United menjadi korban Zidane berikutnya di ajang Piala Super Eropa sebelum mereka mengalahkan Barcelona pada dua laga final Piala Super Spanyol 2017.

Sukses Zidane di partai final terus berlanjut di Abu Dhabi. Real Madrid kembali memenangkan final Piala Dunia Antarklub. Kali ini, mereka mengalahkan klub Brasil, Gremio di laga penentu.

Zidane pula pelatih yang membawa Real Madrid pertama kali memenangkan Liga Champions tiga kali berturut-turut. Kali ini, mereka mengalahkan Liverpool pada pertandingan final di Kiev melalui penampilan yang inspiratif dari Gareth Bale. Tak lama berselang, dia pamit mundur dari Real Madrid.

Dia kembali lagi menukangi Reak Madrid pada Maret tahun lalu, dengan kekhawatiran apakah dia bisa kembali sukses di Santiago Berenabeu. Dia tak gagal menghadapi tantangan itu dan kembali mengantarkan gelar juara melalui laga final. Kali ini menaklukkan Atletico Madrid di ajang final Piala Super Spanyol di Jeddah, Arab Saudi, melalui adu penalti.