Kota Bandung Berencana Bangun Danau Rawa

Kota Bandung Berencana Bangun Danau Rawa
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Senin (13/1/2020). (yogo triastopo)

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana membangun danau rawa untuk penanganan banjir di wilayah Bandung timur, lokasinya berada di kawasan Gedebage.

"Fungsinya seperti danau retensi sebagai penampung air sementara," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Senin (13/1/2020).

Dijelaskan dia, tiga danau rawa ini akan dibangun di tiga titik berbeda. Lokasinya berada kompleks Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) homebase dari klub kebanggaan Bobotoh Persib Bandung.

"Persisnya dekat jalur interchange kilometer 149 yang menghubungkan Tol Purbaleunyi dan Gedebage. Rencananya seperti itu, kita akan bangun tiga titik. Danaunya tidak terlalu besar sih," ucapnya.

Meski tak sebesar kolam retensi yang lebih dahulu ada, dia berharap, pembangunan tiga danau rawa tersebut dapat memberikan dampak positif kepada wilayah yang baru-baru ini mengalami banjir.

"Untuk kawasan Adipura dan Rancabolang saya kira sudah tidak seperti dulu, sudah relatif tertangani. Nah danau rawa ini untuk menangani banjir di kawasan lainnya seperti Rancasari," ujar dia.

Danau rawa tersebut, ditambahkan Yana, tidak menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bandung, melainkan hasil dari swadaya masyarakat.

"Ini non-APBD, seperti di Rancabolang karena kita hanya menggali atau mengeruk. Kalau saya sih semangatnya kalau besok bisa dikerjakan ya kita langsung kerjakan tidak usah menunggu lama," pungkasnya. (yogo triastopo)