Mulai Penataan, Bima Arya Bebersih Suryakencana

Mulai Penataan, Bima Arya Bebersih Suryakencana
foto: INILAH/Rizky Mauludi

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto berserta beberapa jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perumda Pasar Pakuan Jaya dan tokoh masyarakat Jalan Suryakencana membersihkan kawasan dan mulai menata Sumber Daya Manusia (SDM) sekitar Suryakencana pada Rabu (15/1/2020) pagi.

Untuk SDM Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah memulai menata melalui Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, kawasan Suryakencana ini bukan hanya membangun secara fisik, tapi disini dirinya ingin ada sistem yang baru, sistem kebersihannya sistem persampahannya sistem pengawasannya, sistem usahanya dan semuanya. Nanti Satpol PP akan patroli rutin disini, sistem kebersihannya akan dibenahi juga sistem pengangkutan sampahnya akan diperbaiki.

"Jadi kawasan ini harus jadi kawasan percontohan sebagai ketertiban jadi kami perbaiki sistem keseluruhannya termasuk penataan dagangnya," ungkap Bima.

Bima menambahkan, nanti ketujuh koridor ini tahun ini dibangun untuk pusat keuliner sekaligus pedati akan ditata sehingga bersih dari pedagang jadi pedagang masuk ke dalam pasar kuliner sebagain Jalan Bata sebagian di koridor.

"Dananya ada dari APBD dan dari bantuan provinsi serta ada dari Corporate Social Responsibility (CSR). Tetapi lebih banyak dari APBD," tuturnya.

Sementara itu, untuk penataan SDM, HIPMI Kota Bogor memulai program HIPMI goes to kelurahan dengan menjadikan kelurahan Babakan Pasar pilot projectnya. Ketua HIPMI Kota Bogor Zulfikar Priyatna mengatakan, HIPMI Kota Bogor melakukan kunjungan ke wilayah Kelurahan Babakan Pasar dan berkeliling mengunjungi seputaran wilayah Suryakencana dan Jalan Roda.

"Kunjungan tersebut merupakan bagian dari program HIPMI goes to kelurahan. Dimana kegiatan ini merupakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang di gagas oleh HIPMI," ungkap Zulfikar.

Zulfikar melanjutkan, pada program HIPMI goes to kelurahan, pihaknya membantu masyarakat untuk terlibat dalam kewirausahaan dalam rangka mendorong tumbuhnya lapangan kerja juga kemandirian ekonomi masyarakat sekitar. Pada kunjungan tadi lurah Babakan Pasar mengajak perwakilan HIPMI untuk melihat beberapa potensi usaha maupun pariwisata yang berada di wilayah kelurahan Babakan Pasar. 

"Hasilnya kami menjajaki beberapa kerjasama program termasuk didalamnya pelatihan dan pembinaan usaha serta permodalan bagi para pemuda wilayah Babakan Pasar yang masuk kawasan Suryakencana dan pastinya itu diselenggarakan oleh HIPMI," tambahnya.

Zulfikar menjelaskan, dirinya mentargetkan dalam jangka pendek program ini bisa berdampak dalam membantu ekonomi masyarakat sekitar, juga mendorong terciptanya lapangan kerja melalui jalur kewirausahaan.

"Rencananya kegiatan ini akan merata kami lakukan di semua kelurahan, untuk pilot  project sengaja di wilayah Babakan Pasar, karena mencakup kawasan Suryakencana. Dengan harapan program kami bisa langsung berkontribusi untuk mempercepat dan membantu mensukseskan program prioritas Pemkot Bogor juga dalam hal penataan wilayah Suryakencana menjadi kawasan wisata kedepannya," jelasnya.

Zulfikar menambahkan, dari HIPMI ada enam  orang, yang mengecek wilayah Babakan Pasar, diwakili oleh teman-teman pengusaha dibidang pariwisata, seperti hotel, restaurant, dan kerajinan.

"Kami lihat disana memang potensinya ada, tapi butuh perhatian khusus dan pembinaan. Apalagi tadi hasil diskusi bersama warga ternyata tingkat produktifitas kelompok mudanya juga rendah disana, banyak yang akhirnya kerja serabutan di pasar, terminal, dan jadi juru parkir. Kami berharap ketika mereka dilatih serta didik oleh HIPMI, bisa lebih produktif juga lebih memiliki daya saing," pungkasnya. (Rizky Mauludi)