Pemprov Jabar Akan Memfasilitasi Kepindahan Mahasiswa ke Cibabat Cimahi

Pemprov Jabar Akan Memfasilitasi Kepindahan Mahasiswa ke Cibabat Cimahi
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Wakil Gubernur Jabar Uu Ruhzanul Ulum langsung mendatangi Balai Wyata Guna di Jalan Padjadjaran, Kota Bandung, Rabu (15/1/2020).

Uu mengaku kebijakan perubahan panti menjadi balai merupakan kewenangan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi hanya mengikuti aturan tersebut. Namun, pihaknya memastikan akan memberikan fasilitas dan tempat bagi mahasiswa tunanetra yang bertahan di trotoar.

"Kami pihak pemerintah, pusat, provinsi dan kota sudah berkolaborasi dan sudah melakukan tahapan sesuai prosedur, bahkan melaksanakan tahapan itu waktunya hampir satu tahun. Komunikasi lancar apa yang disampaikan oleh pemerintah sampai pada mereka," katanya di lokasi.

Dia menambahkan, pihaknya akan memfasilitasi juga tentang kegiatan pelatihan dan fasilitas seperti yang diterima di Wyata Guna. Pemerintah provinsi akan memfasilitasi kepindahan mahasiswa ke Cibabat, Cimahi yang merupakan kantor Dinas Sosial Jabar Provinsi Jabar.

Namun diakui Uu, ada beberapa hal yang membuat mereka tidak puas. Tetapi secara keseluruhan, pemerintah sangat peduli terhadap keberadaan kaum disabilitas.

"Tapi mungkin ada hal yang belum mereka kabulkan oleh kami, maka mereka seperti ini. Bukan kami nggak peduli tapi kami sudah kasih tenggang waktu, soal fasilitas kebutuhan mereka sudah dipenuhi. Tapi masalahnya ini kan anggaran negara, kalau tidak sesuai dengan prosedur berarti ada unsur korupsi," imbuhnya.

Untuk itu pihaknya berharap masyarakat bisa memahami kondisi tersebut. Rencananya, pemerintah akan segera melakukan komunikasi lanjutan terkait keinginan mereka.

"Saya mau datangi mereka, yang ditawarkan kami antara lain fasilitas pusat di sini yang setiap hari diterima, kami siap laksanakan. Untuk tempat kami akan kasih tempat di Dinas Sosial Jabar, tapi kan mereka ada yang di sekitar sini rumahnya," tambahnya. (Okky Adiana)